frames

STT Amanat Agung mempunyai 4 (empat) nilai utama, yaitu: Scriptura, Scientia, Sanctitas, dan Servitas.

Nilai utama Scientia mempunyai makna bahwa kualitas akademik yang tinggi merupakan tradisi STTAA.
Sesuai dengan moto kami "Preparing Excellent Pastor-Theologians," maka selama masa studi di STTAA, para mahasiswa ditempa secara ketat. Selain mata kuliah biblika, sistematika, historika, bahasa asli Alkitab (Yunani dan Ibrani), mahasiswa juga mendapatkan mata kuliah yang menjadikan mereka lebih mumpuni secara akademik. Mahasiswa tingkat I mendapatkan kuliah "Bahasa Inggris" sebagai kuliah reguler non-SKS selama satu tahun pertama. Mata kuliah "Teori Belajar," dan "Berpikir Sistematis" membentuk logika dan alur berpikir yang jelas.

Namun, tradisi akademik tidak berarti STTAA hanya menuntut para mahasiswa/i untuk terus memacu diri.

Setiap tahun, STTAA mengirimkan dosen untuk melanjutkan menimba ilmu di dalam maupun di luar negeri. Tahun 2017, dosen yang sedang menimba ilmu di negeri orang berjumlah 4 orang, yaitu: 
- Pdt. Jonly Joihin, M.Th., berangkat tahun 2013 mengambil Ph.D. di The Southern Baptist Theological Seminary di Louisville, Kentucky. Saat ini sedang dalam penyelesaian disertasi.
- GI. Casthelia Kartika, M.Th., berangkat tahun 2014 mengambil Th.D. di Lutheran Theological Seminary di Hongkong. Saat ini sedang dalam penyelesaian disertasi.
- GI. Astri Sinaga, M.Th., saat ini sedang studi Ph.D. di AGST, Manila.
- Pdt. Irwan Hidajat, S.Th., M.Pd., saat ini sedang studi M.Th. di UKDW, Yogyakarta.

Berikut adalah para dosen penuh waktu STTAA yang merupakan lulusan S3 dari luar negeri. Mereka adalah:
- Pdt. Andreas Himawan, D.Th., doktor dari Trinity Theological College, Singapore, merupakan scholar Karl Barth yang langka di kalangan evangelical.
- Pdt. Yohanes Adrie Hartopo, Ph.D., doktor Hermenetik dari Westminster Theological Seminary, Amerika Serikat.
- Pdt. Armand Barus, Ph.D., doktor Perjanjian Baru dari University of Aberdeen, Inggris, dan post-doctoral dari Oxford University, Inggris.
- GI. Surif, D.Th., doktor Perjanjian Baru dari Trinity Theological College, Singapore.

Selain mengutus dosen melakukan studi lanjutan, setiap tahunnya STTAA mendanai secara terbatas para dosen yang melakukan riset jangka pendek sebagai visiting scholar di Perguruan Tinggi maupun Seminari di dalam, atau di luar negeri.  Tahun 2014, beberapa dosen yang berkesempatan melakukan perjalanan riset adalah:
- GI. Astri Sinaga, melakukan riset ke Malaysia Bible Seminary, Malaysia, dan Lutheran Theological Seminary, Hongkong.
GI. Astri Sinaga di Lutheran Theological Seminary, Hong Kong
- Pdt. Yohanes Adrie Hartopo, melakukan riset ke Ridley College, Melbourne, Australia, dan Trinity Theological College, Singapore.
Pdt. Yohanes Adrie Hartopo di Ridley College, Melbourne, AustraliaPdt. Yohanes Adrie Hartopo di Perpustakaan Ridley College, Melbourne, Australia
- Pdt. Lie Han Ing, melakukan riset ke Singapore Bible College, Singapore.
Pdt. Lie Han Ing di Trinity Theological College, SIngapura
Di dalam negeri, komitmen STTAA dalam kualitas akademis diakui dengan terbitnya akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Di level Asia, STT Amanat Agung telah terakreditasi oleh Asia Theological Association (ATA) - organisasi yang menaungi sekolah-sekolah teologi di Asia. Berikut video profil dan kegiatan ATA, di mana Pdt. Andreas Himawan, D.Th (Ketua STT Amanat Agung) aktif terlibat sebagai wakil ketua.

"Ajarkanlah kepadaku kebijaksanaan dan pengetahuan yang baik, sebab aku percaya kepada perintah-perintah-Mu."
Mazmur 119:66 (ITB)