frames

Lomba Karya Tulis Teologi (LKTT) 2017
"Gereja dan Mandat Sosial Politik"

Latar Belakang

Hampir setiap hari media memberitakan permasalahan-permasalahan mengenai kesenjangan sosial dan permasalahan dalam dunia politik. Dalam kehidupan sosial berbangsa dan bernegara, manusia, termasuk orang Kristen, dan gereja tidak bisa dilepaskan dari kehidupan bermasyarakat dan berperan-serta dalam bernegara yang berarti ikut berperan dalam masalah sosial dan dunia politik. Mandat Sosial Politik bukanlah hal yang asing. Alkitab mencatat Abraham, Musa, umat Tuhan, para nabi, raja, Daniel, Yohanes, Paulus dan masih banyak lagi tokoh yang terkait erat dengan kehidupan sosial dan bernegara.

Gereja dalam sepanjang sejarah memiliki persinggungan bahkan keterkaitan yang sangat erat dengan kehidupan sosial dan bernegara. Hal ini memunculkan sebuah pertanyaan: Bagaimana gereja bersikap dan merespons Mandat Sosial Politik ini.

Di tengah pergumulan dalam melaksanakan Mandat Sosial Politik, gereja mempunyai pendapat dan pemikiran yang bervariasi sehingga sikap dan respons gereja terhadap mandat inipun menjadi beragam. Para Bapa gereja, teolog sepanjang sejarah ikut meramu dan memberikan opini.

Hari ini, pertanyaan yang sama pun muncul: Bagaimana Gereja di Indonesia dapat menjalankan mandat sosial politik di tengah masyarakat? Apakah gereja hanya sebatas berkutat di dalam atau justru harus aktif di tengah masyarakat? Lomba Karya Tulis Teologi (LKTT) ke-4 diadakan untuk menemukan ide-ide teologis yang segar seputar Gereja dan Mandat Sosial Politik.


Kriteria Peserta LKTT

Peserta LKTT adalah mahasiswa program Sarjana Teologi (S.Th dan S.Si) dan Magister Divinitas (M.Div) yang masih aktif di dalam proses perkuliahan di kampus yang bersangkutan.


Kriteria Karya Tulis

  1. Karya tulis yang dikirim bersifat ilmiah dan teologis.
  2. Standar penulisan dan pengutipan mengikuti acuan format Turabian 8 dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
  3. Karya tulis dilengkapi dengan catatan kaki dan daftar pustaka yang lengkap.
  4. Karya tulis belum pernah dipublikasikan dan atau diikutsertakan dalam lomba karya tulis apapun sebelumnya.
  5. Semua dokumen yang telah dikirim oleh peserta menjadi hak milik panitia.
  6. Karya tulis yang dikirim menggunakan huruf Times New Roman, Font size 12, spasi 1.5, margin 2.5 cm (kanan kiri atas bawah), rata kiri, ukuran kertas A4, jumlah kata 3500-4000 (di luar daftar pustaka).
  7. Catatan:
    7.1. Panitia menjunjung tinggi kejujuran dan integritas akademis dari peserta. Oleh karena itu, segala bentuk plagiarisme tidak akan ditoleransi oleh panitia.
    7.2. Karya tulis yang tidak sesuai dengan kriteria penulisan yang telah ditetapkan panitia, tidak akan dinilai dan tidak akan dikembalikan kepada peserta yang bersangkutan.


Aspek-aspek Penilaian

  1. Keaslian Tulisan (20%)
    Tulisan merupakan hasil pokok pikiran penulisan berdasarkan kajian dan penelitian yang dilakukan sendiri.
  1. Keilmiahan Tulisan (20%)
    Tulisan yang dituangkan memiliki nilai keilmiahan yang baik, yang tercermin dalam identifikasi, tinjauan pustaka, analisis, kesimpulan dan pemikiran baru yang terstruktur secara konsisten dan logis.
  1. Substansi Tulisan (40%)
    Tulisan sesuai dengan topik yang ditetapkan.
  1. Manfaat Tulisan (20%)
    Hasil kajian memberikan pemikiran teologis yang mendalam tentang konsep “Gereja dan Mandat Sosial Politik” bagi kehidupan umat Kristen di Indonesia.


Informasi Pendaftaran

  1. Peserta harus terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui alamat e-mail lktt@sttaa.ac.id atau mengisi formulir di bawah ini (paling lambat 15 September 2017).
  2. Softcopy karya tulis ilmiah harus dikirimkan ke alamat e-mail lktt@sttaa.ac.id paling lambat tangal 20 Oktober 2017.
  3. Hardcopy karya tulis ilmiah harus tiba di alamat panitia paling lambat tanggal 25 Oktober 2017.
  4. Berkas pendaftaran yang harus diberikan kepada panitia adalah sebagai berikut:
    4.1. Formulir Identitas Peserta
    4.2. Surat Rekomendasi dari Sekolah/Seminari/Universitas
    4.3. Fotokopi kartu identitas berupa KTP/SIM (3 lembar)
    4.4. Fotokopi Kartu Mahasiswa (3 lembar)
    4.2. Pasfoto berwarna ukuran 4x6 (3 lembar).


Pengumuman Pemenang

  1. Pengumuman pemenang akan dipublikasikan melalui website STT Amanat Agung (www.sttaa.ac.id) dan pemenang akan dihubungi oleh panitia pada tanggal 30 November 2017.
  2. Karya tulis juara pertama akan diterbitkan dalam jurnal STT Amanat Agung.
  3. Hadiah bagi para pemenang LKTT akan dikirimkan melalui transfer ke rekening BCA pemenang pada tanggal 30 November 2017.