frames

Program Studi - Magister Teologi (M.Th)

Latar Belakang & Tujuan Program

Program Magister teologi (M.Th.) di STTAA diadakan untuk memenuhi kebutuhan para rohaniawan Kristen yang berkeinginan untuk menempuh studi teologi lanjutan ke jenjang gelar yang lebih tinggi. Para rohaniawan Kristen yang telah melayani sekian lama dalam pelayanan memang perlu untuk belajar lagi dan diperlengkapi lagi dengan wawasan dan pengetahuan yang baru dan mendalam dalam bidang-bidang tertentu. Tantangan zaman yang dihadapi dalam pelayanan jelas menuntut pembelajaran terus menerus yang didasarkan pada dan dikaitkan dengan Alkitab sebagai Firman Tuhan. Di samping itu semua bidang dalam pendidikan Teologi terus mengalami perkembangan sebagai dampak dari kemajuan ilmu dan teknologi di zaman yang terus maju, maka sangat perlu bagi seorang rohaniawan Kristen untuk juga mengetahui atau mengikuti perkembangan-perkembangan tersebut.

Program Magister Teologi adalah suatu program pendidikan akademis yang dirancang bagi mereka yang sudah memiliki gelar teologi pertama (Sarjana Teologi atau magister Divinitas) dengan IPK min. 2,75 serta berkeinginan untuk mendapatkan pendidikan lanjutan dalam area studi tertentu yang kelak berguna dalam pelayanan mengajar atau pelayanan pastoral. Program ini memiliki penekanan pada kemampuan dan keterampilan akademis, maka para mahasiswa diperlengkapi dengan pengajaran dan pelatihan untuk mempertajam pemikiran kritis dan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan lanjutan dalam studi dan riset. Selain itu program ini juga dirancang untuk meningkatkan pemahaman konteks masyarakat Indonesia yang pluralis dari segi agama, ekonomi sosial, budaya dan politik, sehingga para lulusan bisa menjadi rohaniawan yang lebih tanggap dan siap melayani secara kritis, kreatif, dinamis, dan realistis.

Saat ini Program Magister Teologi ditawarkan dalam tiga area konsentrasi:
1. Studi Biblika
2. Teologi Sistematika
3. Teologi Pastoral

Sistem Pendidikan
Program Magister Teologi dirancang terpadu untuk dapat diselesaikan dalam rentang waktu antara 2 tahun sampai 4 tahun, termasuk penyusunan tesis. Jumlah SKS yang harus diselesaikan adalah 50 SKS. Secara umum proses pembelajaran dilakukan dalam bentuk kuliah tatap muka, studi tutorial dan penulisan tesis. Mulai tahun ajaran 2018-2019, sistem perkuliahan pada program studi Magister Teologi ini diselenggarakan 3 hari dalam satu minggu, yaitu pada hari Senin-Rabu.

Pada tahap pertama para mahasiswa harus menyelesaikan 38 SKS dalam bentuk kuliah tatap muka yang dilaksanakan secara reguler atau secara intensif. Kuliah bisa juga diberikan dalam bentuk studi tutorial dengan dibimbing seorang dosen. Nilai minimal untuk kelulusan setiap mata kuliah adalah B. Adapun pembagian bidang-bidang mata kuliah yang harus diselesaikan adalah sebagai berikut:

    1. Mata Kuliah Inti
      Metodologi Penelitian (2 SKS)
      Filsafat Ilmu dan Teologi (2 SKS)
      Teologi Biblika (4 SKS)
      Teologi Sistematika (4 SKS)
      Etika Terapan (4 SKS)
      Teologi Kontemporer (4 SKS)
    2. Mata Kuliah Konsentrasi
      Konsentrasi I (6 SKS)
      Konsentrasi II (6 SKS)           
      Konsentrasi III (6 SKS)

Pada tahap kedua, setelah menyelesaikan perkuliahan 38 SKS, para mahasiswa juga diwajibkan menyelesaikan proposal tesis sebesar 4 sks. Tesis memiliki bobot 8 SKS. Sebelum penulisan tesis dimulai, mahasiswa harus mempresentasikan proposal tesis dihadapan tim dosen penguji. Jika proposal tesis yang diajukan diterima atau disetujui, maka penulisan tesis bisa mulai dilakukan dengan pembimbingan dari satu dosen yang ditetapkan yang juga berperan sebagai pembaca pertama. Tesis yang sudah selesai akan diberikan kepada pembaca kedua untuk memberikan penilaian.

Sarana Penunjang
Perkuliahan dilakukan di Kampus STT Amanat Agung yang menempati tanah seluas ± 5000 m2. Kampus dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang belajar, antara lain: ruangan kelas yang ber-AC, ruangan chapel, ruangan musik, perpustakaan yang luas dengan koleksi yang lengkap, lab. komputer, jaringan Internet nirkabel, lapangan olahraga, gedung asrama, serta suasana kampus yang nyaman.

Untuk informasi selengkapnya, silakan merujuk pada Katalog Pascasarjana STT Amanat Agung 

Back to Top