Lomba Karya Tulis Teologi (LKTT) ke-STT Amanat Agung

Berteologi di Ruang Publik

 

Latar Belakang LKTT

Dalam rangka HUT ke-25 STT Amanat Agung serta untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa teologi di seluruh Indonesia untuk mengasah kemampuan dalam menulis dan berteologi, maka senat mahasiswa STT Amanat Agung mengundang mahasiswa teologi di seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam Lomba Karya Tulis Teologi ke-6 (LKTT) dengan tema “Berteologi di Ruang Publik”. Adapun pelaksanaan, seperti deskripsi tema, persyaratan, penjabaran kegiatan, link pendaftaran, poster, dan contact person, adalah sebagai berikut:

Deskripsi Tema

Isu-isu publik yang kompleks tidak pernah lepas dari kehidupan, termasuk dalam kehidupan orang-orang Kristen. Di Indonesia, cakupan isu-isu ini sangat luas: masalah keadilan sosial, rekonsiliasi antar golongan, diskriminasi dan kekerasan, pelecehan seksual, permasalahan kemiskinan, LGBT+, budaya korupsi, akses terhadap kesehatan dan pendidikan yang layak, pluralisme dan keberagaman, isu ekologi, hukum dan kebijakan, dan masih banyak lagi.

Di tengah berbagai isu-isu publik tersebut, maka muncul pertanyaan: bagaimana iman dan teologi Kristen seharusnya memberi jawab dan menjadi pandu bagi orang-orang Kristen untuk berespon terhadap berbagai isu-isu publik tersebut? Bagaimana iman dan teologi Kristen tidak hanya berbicara kepada gereja, tetapi juga keluar dari lingkar gereja, berdialog dan berkontribusi menjawab isu-isu yang dihadapi bersama di ruang publik?

Pertanyaan-pertanyaan di atas menjadi dasar dari pelaksanaan Lomba Karya Tulis Teologi (LKTT) VI STT Amanat Agung, dengan tema: Berteologi di Ruang Publik.

Kami mengajak para mahasiswa teologi untuk ambil bagian dalam LKTT ini dan menuangkan pemikiran dan refleksi kritis teologi untuk berkontribusi terhadap pertanyaan seputar teologi di ruang publik, khususnya dalam konteks Indonesia.

Peserta dapat menuangkan pemikiran mengenai tema LKTT ini dari berbagai aspek dan ranah teologi: studi biblika, historika, sistematika, praktika, pendidikan Kristen, atau interdisiplin.

Kegiatan

  1. Peserta merupakan mahasiswa dengan jenjang pendidikan/program studi Strata Satu (S1), antara lain: Sarjana Teologi (S.Th.), Sarjana Pendidikan Kristen (S.Pd.K.), Sarjana Filsafat (S.Fil.), dan Sarjana Sains dalam ilmu Teologi (S.Si.Teol.), serta program studi Magister Divinitas (M.Div.) yang masih aktif atau program studi Magister Teologi (M.Th.) yang menggantikan Magister Divinitas (M.Div).
    1. Peserta dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu paling lambat tanggal 31 Mei 2022 pada tautan berikut https://bit.ly/PendaftaranLKTT. Berkas pendaftaran yang harus diberikan kepada panitia adalah sebagai berikut:
      a. Scan KTP
      b. Scan kartu mahasiswa
      c. Scan pas foto
  2. Peserta dapat mengirimkan karya tulis dalam bentuk softcopy ke https://bit.ly/PenyerahanLKTT paling lambat tanggal 31 Juli 2022, pukul 22.00 WIB.
  3. Pemenang karya tulis akan diumumkan pada 7 Oktober 2022.
  4. Pemenang 1-3 dari karya tulis akan diberikan kesempatan untuk memberikan pemaparan singkat (3-5 menit) tentang karya tulisnya di acara Theological Colloquium STTAA, tanggal 31 Oktober 2022, melalui zoom.
  5. Pemenang pertama akan mendapat kesempatan untuk menerbitkan karya tulisnya di Jurnal Amanat Agung setelah melewati proses peer review sesuai dengan prosedur Jurnal Amanat Agung.

Kriteria Penulisan Karya Tulis

  1. Karya tulisan yang dikirim bersifat ilmiah dan teologis.
  2. Karya tulis ditulis secara individu, bukan berkelompok.
  3. Standar pengutipan mengikuti acuan standar penulisan makalah, skripsi, dan tesis program studi sarjana teologi dan magister divinitas 2021 STT Amanat Agung (https://www.sttaa.ac.id/id/pendidikan/panduan-penulisan) halaman 42-65 dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baku.
  4. Karya tulis dilengkapi dengan daftar pustaka yang lengkap.
  5. Karya tulis belum pernah dipublikasikan dan atau diikutsertakan dalam lomba karya tulis apapun sebelumnya dan selama proses penjurian.
  6. Karya tulis yang dikirim akan menggunakan huruf Cambria, ukuran font 12, spasi 1.5, margin 2,5 cm (kanan, kiri, atas, bawah), rata kiri, ukuran kertas A4, dan jumlah kata 4000-6000 (termasuk catatan kaki, tetapi tidak termasuk daftar pustaka). Untuk catatan kaki gunakan ukuran font 10
  7. Catatan:
    a. Panitia menjunjung tinggi kejujuran dan integritas akademis dari peserta. Oleh karena itu, segala bentuk plagiarisme tidak akan ditoleransi oleh panitia.
    b. Karya tulis yang tidak sesuai dengan kriteria penulisan yang telah ditetapkan panitia, tidak akan dinilai.

Aspek-Aspek yang Dinilai oleh Juri

  1. Keaslian tulisan (20%)
    Karya tulis merupakan hasil pemikiran dan temuan baru penulis berdasarkan kajian dan penelitian yang dilakukan sendiri (20%).
  1. Keilmiahan tulisan (20%)
    Karya tulis yang dituangkan memiliki nilai keilmiahan yang baik, yang tercermin dalam identifikasi, tinjauan pustaka, analisis, kesimpulan dan pemikiran baru yang terstruktur secara konsisten dan logis (20%).
  1. Subtansi tulisan (40%)
    Karya tulis yang dituangkan memiliki bobot yang tinggi.
    Penilaian:
    - Kemutakhiran pustaka acuan: menggunakan literatur-literatur yang diterbitkan 10 tahun terakhir.
    - Dampak ilmiah: karya tulis dapat menjadi acuan bagi penelitian ilmiah berikutnya dan membuka kesempatan penelitian lebih lanjut.
    - Luas wawasan: karya tulis mencakup lingkup nasional.
    - Cakupan ilmu teologi: karya tulis dikaji secara mendalam di dalam ranah keilmuan teologi Kristen.
  1. Kontribusi tulisan (20%)
    Hasil kajian dari karya tulis yang dituangkan dapat memberikan sumbangsih terhadap pemikiran teologis bagi kehidupan umat Kristen di Indonesia (20%)

Penjurian LKTT

Karya Tulis ini akan dinilai oleh tiga orang juri utama, yaitu:               

  1. Andreas Himawan, D.Th. (Dosen Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung)
  2. Binsar Jonathan Pakpahan, Ph.D. (Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta)
  3. Fandy Tanujaya, B.Bus., Th.M. (Dosen Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung)

Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Seluruh karya tulis yang diterima oleh panitia akan diseleksi terlebih dahulu oleh tiga orang juri sortir sebelum diserahkan kepada pihak juri utama.

Pengumuman Pemenang

  1. Pengumuman pemenang akan dipublikasikan melalui situs STT Amanat Agung (www.sttaa.ac.id) dan pemenang akan dihubungi oleh panitia pada tanggal 7 Oktober 2022.
  2. Pemenang karya tulis akan mendapat:
    a. Juara I: Rp. 2.000.000,00 + sertifikat + plakat
    b. Juara II: Rp. 1.500.000,00 + sertifikat + plakat
    c. Juara III: Rp. 1.000.000,00 + sertifikat + plakat

Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Sdri. Aklines di WhatsApp +62 812 4785 1121


Cetak