Program Studi Magister Divinitas (M.Div.)

Visi

Menjadi program studi unggulan, dengan perspektif berteologi Injili yang kritis, yang menghasilkan rohaniwan yang memiliki spiritualitas dan keilmuan yang mumpuni serta berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas-tugas keagamaan baik dalam lingkungan gereja dan masyarakat luas yang terus berkembang.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan teologi yang professional bagi sarjanasarjana yang terpanggil untuk menjadi hamba Tuhan secara penuh waktu.
  2. Mempersiapkan rohaniwan-rohaniwan Kristen yang memiliki wawasan pengetahuan yang luas dalam melaksanakan tugas-tugas keagamaan secara professional dan relevan dengan kebutuhan gereja dan masyarakat.
  3. Mempersiapkan rohaniwan-rohaniwan kristen yang memiliki spiritualitas dan karakter yang baik untuk menjalankan pelayanan yang berdedikasi.

Latar Belakang & Tujuan

Program Studi dan Gelar Magister Divinitas (M.Div.) diakui penuh oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Agama No. 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Agama No. 33 Tahun 2016 tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan.

Program studi ini diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan akan hamba-hamba Tuhan yang memiliki jiwa gembala sekaligus memiliki pengetahuan yang luas sebagai seorang teolog di tengah jaman yang penuh tantangan. Dosen-dosen yang berkualitas baik secara akademis maupun dalam pelayanan menjadi salah satu pilar utama dalam pendidikan di Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung.

Program Magister Divinitas (M.Div.) dapat diikuti oleh mereka yang telah memiliki gelar strata satu non-teologi dengan IPK min. 2,67 serta terpanggil untuk melayani Tuhan secara purnawaktu. Program Magister Divinitas bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang seimbang antara pemahaman Alkitab/Teologi dan pengetahuan keahlian untuk pelayanan. Beban kredit yang harus ditempuh adalah 110 sks termasuk penulisan tesis (6 SKS) dan praktek pelayanan 1 tahun. Masa pendidikan dibatasi paling lama 5 tahun.

Adapun program studi ini terdiri dari tiga konsentrasi, yaitu:

  1. Konsentrasi Penggembalaan: Mahasiswa akan mempelajari ilmu teologi yang mendalam baik secara konseptual maupun terapan, pengetahuan Alkitab dan relevansinya terhadap konteks masa kini. Dengan dosen yang berkompeten di bidangnya, mahasiswa akan diperlengkapi dengan ketrampilan pastoral dalam pelayanan dengan wawasan berpikir yang luas dan kontekstual.
  2. Konsentrasi Pendidikan Kristen: Program ini diselenggarakan untuk menghasilkan hamba-hamba Tuhan yang secara khusus memiliki kompetensi di bidang Pendidikan Kristen baik dalam hal konsep, sistematika berpikir dan metode Pendidikan yang berbasis Alkitab. Mahasiswa akan mempelajari pendidikan Kristen dalam perspektif yang seimbang antara ilmu teologi yang mendalam, pengetahuan Alkitab yang relevan dan terapannya dalam ilmu pendidikan. Dengan dosen yang berkompeten di bidangnya, mahasiswa akan diperlengkapi untuk memiliki ketrampilan seorang pendidik dan pengelola pendidikan Kristen dengan wawasan berpikir yang luas dan kontekstual baik dalam pembelajaran di gereja maupun di sekolah.
  3. Konsentrasi Ibadah: Program ini diselenggarakan untuk menghasilkan hamba-hamba Tuhan yang terampil, berkualitas dan kompeten sebagai seorang rohaniwan bidang Ibadah secara penuh waktu. Bukan hanya memiliki kompetensi dalam bidang musik, melainkan teologi ibadah yang solid, dan kehidupan spiritualitas yang sehat sehingga dapat memimpin jemaat menjadi penyembah-penyembah sejati.

Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran

Persyaratan
  1. Calon mahasiswa/i memiliki panggilan dan beban secara khusus untuk melayani secara penuh waktu baik di gereja maupun di Lembaga Pelayanan Kristen.
  2. Calon mahasiswa/i memiliki panggilan dan beban pelayanan secara khusus di bidang Pendidikan Kristen (Khusus Konsentrasi Pendidikan Kristen).
  3. Calon mahasiswa/i telah menyelesaikan pendidikan strata satu non-teologi dengan IPK min. 2,67.
  4. Calon mahasiswa telah dibaptis dewasa/sidi minimal 2 tahun (kecuali kalau ada penundaan karena persyaratan usia minimal untuk baptisan dewasa/sidi di gereja calon mahasiswa).
  5. Calon mahasiswa melengkapi formulir pendaftaran dan persyaratan administrasi lainnya.
  6. Lulus dalam ujian saringan masuk (pengetahuan Alkitab, bahasa Inggris, psikotes) dan wawancara.
Prosedur Pendaftaran
  1. Calon mahasiswa dapat mengambil formulir pendaftaran di kampus STT Amanat Agung, Jl. Kedoya Raya No. 18, Jakarta Barat, atau mengunduh formulir berikut ini:
  2. Formulir dapat dicetak, diisi dengan pulpen, dan dikirim dalam bentuk fisik (hardcopy) via pos/jasa pengiriman ke: 
    Bagian Admisi STT Amanat Agung (u/p Ibu Yenny, M.Div.)
    Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung
    Jl. Kedoya Raya 18  RT/RW 04/07
    Jakarta Barat 11520
    Indonesia

    atau,

    diisi langsung dengan apps Acrobat Reader, Chrome, atau apps lainnya, lalu dikirimkan dalam bentuk file (softcopy) ke alamat e-mail Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

  3. Bagian Admisi akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen dan meminta kelengkapan yang masih kurang. 
    Apabila dipandang sudah lengkap, maka STT Amanat Agung akan mengirimkan Surat Lulus Seleksi Administratif dan calon mahasiswa akan dijadwalkan untuk mengikuti tes dan wawancara.
    CATATAN: TES DAN WAWANCARA PMB TAHUN AJARAN 2020/2021 AKAN DIADAKAN SECARA REALTIME; CALON MAHASISWA TIDAK PERLU HADIR DI KAMPUS STT AMANAT AGUNG DI JAKARTA.

Perkiraan Biaya Kuliah*

  1. Formulir pendaftaran: Rp250.000,-
  2. Jas almamater: Rp850.000,-
  3. Kartu mahasiswa/perpustakaan: Rp25.000,-
  4. Biaya kuliah: Disubsidi
  5. Administrasi: 3 tahun x 12 bulan x Rp500.000,- per bulan= Rp18.000.000,-
  6. Asrama & konsumsi: 3 tahun x 10 bulan x Rp1.000.000,- per bulan= Rp30.000.000,-
  7. Iuran Senat: 6 semester x Rp100.000,- per semester= Rp600.000,-
  8. Iuran Kesehatan: 6 semester x Rp150.000,- per semester= Rp900.000,-
  9. Biaya wisuda: Rp700.000,-

Perkiraan total biaya studi mahasiswa asrama: Rp51.325.000,-
Perkiraan total biaya studi mahasiswa non-asrama: Rp21.325.000,-

*Berlaku mulai tahun akademik 2019-2020.
STTAA berhak sewaktu-waktu melakukan penyesuaian biaya-biaya dimaksud di atas apabila diperlukan.


Cetak  

Berita Terbaru

STTAA Peduli Sesama STTAA Peduli Sesama STTAA Peduli Sesama merupakan suatu kegerakan yang dilakukan oleh komunitas STT Amanat Agung sebagai bentuk respons pastoral dan...
Persekutuan Pascasarjana 2 Maret 2020 Persekutuan Pascasarjana 2 Maret 2020 Pascasarjana STT Amanat Agung mengadakan persekutuan pada tanggal 2 Maret 2020. Persekutuan diawali dengan ramah tamah, dilanjutkan...
Kuliah Umum 14 Februari 2020 Kuliah Umum 14 Februari 2020 Kuliah umum dengan tema "Spiritualitas Pastoral" telah dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Februari 2020. Dalam Kuliah Umum ini Pdt....
Calvin Symposium on Worship Calvin Symposium on Worship Pada tanggal 30 Januari - 1 Februari 2020, Bpk. Fandy Tanujaya, B.Bus., Th.M. mewakili STT Amanat Agung menghadiri Calvin Symposium...
Donor Darah 27 Januari 2020 Donor Darah 27 Januari 2020 Senat mahasiswa STT Amanat Agung bekerjasama dengan @palangmerah_indonesia telah mengadakan kegiatan Donor Darah pada hari Senin,...
Emmaus Center 20-21 Januari 2020 Emmaus Center 20-21 Januari 2020 Emmaus Center Modul "Eksplorasi Perjanjian Baru: Kitab-Kitab Injil” yang akan dibawakan oleh Pdt. Jonly Joihin, S.H., Ph.D. telah...
Seminar Pascasarjana 13 Januari 2020 Seminar Pascasarjana 13 Januari 2020 Seminar Pascasarjana yang dibawakan oleh Prof. Bruce A. Ware dari The Southern Baptist Theological Seminary dengan tema "There is...