Program Studi Magister Ministri (M.Min.)

Visi

Menjadi program studi dalam pendidikan penggembalaan yang relevan dan transformatif.

Misi
  1. Mengembangkan pengajaran dalam pendidikan penggembalaan yang berorientasi pada peningkatan profesionalisme, kompetensi, dan relevansi.
  2. Membangun komunitas belajar yang mengembangkan pelayanan penggembalaan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan jemaat.
  3. Menghasilkan karya penelitian pastoral untuk pelayanan penggembalaan yang kontekstual bagi gereja-gereja Injili di Indonesia.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pelayanan penggembalaan.
  5. Mengembangkan kemitraan dengan gereja dan lembaga pelayanan Kristen untuk peningkatan (upgrading) dan penyegaran (refreshment)

Latar Belakang

Program Studi dan Gelar Magister Ministri (M.Min.) diakui penuh oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Agama No. 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Agama No. 33 Tahun 2016 tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan.

Program studi Magister Ministri (M.Min) dalam bidang pelayanan pengembalaan dirancang bagi para hamba Tuhan yang penuh waktu dan bagi mereka yang mau mengembangkan akademik dan kemampuan dalam pelayanan bidang pengembalaan . Gereja pada zaman ini sedang menghadapi berbagai tantangan seperti Sekulerism, Humanism, New Atheism, Materialism, Hedonism dll. Dalam menghadapi tantangan tersebut, para hamba Tuhan perlu diperlengkapi dalam berbagai segi seperti kehidupan pribadi yang saleh, tanggung jawab budaya, kehandalan pelayanan pengembalaan, dan pengembangan karuniah Roh. Oleh sebab itu, program M.Min ini diadakan bagi mereka yang telah menyelesaikan gelar pendidikan teologi seperti S.Th atau setara dan bagi mereka yang rindu memperlengkapi diri dalam bidang akademis dan bidang pelayanan pengembalaan supaya mereka bukan hanya mampu memberi jawaban terhadap tantangan jaman, melainkan juga mampu memikirkan pemahaman teologi Kristen yang benar dalam mengintegrasikan berbagai masalah pelayanan pengembalaan.

Tujuan

Tujuan program M.Min adalah untuk memperlengkapi para hamba Tuhan supaya mereka lebih efektif dan efisien dalam melayani Tuhan di gereja lokal .

Deskripsi

Bagi mereka yang telah memiliki pengalaman pelayanan gereja atau lembaga Kristen atau badan Misi selama 2 tahun sejak kelulusan, dapat mengikuti program ini. Karena gelar Magister Ministri (M.Min) berfokus kepada keahlian dalam bidang pelayanan pengembalaan, maka mata kuliah juga disusun berdasarkan integrasi antara teologi Kristen dan keahlian bidang pelayanan pengembalaan. Dengan demikian, para peserta diharapkan dapat memiliki keahlian dalam bidang pelayanan pengembalaan.

Tuntutan Pendidikan

Program Magister Ministri (M.Min) dirancang sedemikian rupa sehingga para mahasiswa dapat menyelesaikannya dalam rangka 1-3 tahun, tanpa penyusunan tesis. Jumlah SKS yang harus diselesaikan sebanyak 32 SKS terdiri dari 8 mata kuliah dalam bentuk perkuliahan tatap muka yang dilaksanakan secara modular. Kuliah juga dapat diadakan dalam bentuk studi mandiri dengan bimbingan dosen tertentu sesuai dengan bidang keahliannya. Nilai minimal untuk kelulusan dari setiap mata kuliah adalah B-. Bagi mereka yang telah menyelesaikn perkuliahan dengan nilai rata-rata dengan IP (Indeks Prestasi) B-, akan dinyatakan lulus.

Sarana Penunjang

Perkuliahan dilakukan di Kampus STT Amanat Agung yang menempati tanah seluas ± 5000 m2. Kampus dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang belajar, antara lain: ruangan kelas yang ber-AC, ruangan chapel, ruangan musik, perpustakaan yang luas dengan koleksi yang lengkap, lab. komputer, jaringan Internet nirkabel, lapangan olahraga, gedung asrama, serta suasana kampus yang nyaman.

Persyaratan & Prosedur Pendaftaran

Persyaratan
  1. Calon Mahasiswa yang mendaftar harus memiliki gelar sekurang-kurangnya Sarjana Teologi atau Setara dengan IPK 2,67 (B-), dibuktikan dengan fotocopy Ijazah dan transkrip nilai dari Sekolah Teologi tempat pendidikan sebelumnya.
  2. Calon Mahasiswa harus memiliki pengalaman pelayanan di gereja atau lembaga Kristen lainnya minimal 2 tahun. Dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Gereja / Lembaga pelayanan tempat selama ini calon melakukan pelayanan.
  3. Calon mahasiswa harus mengikuti ujian bahasa Inggris yang diatur oleh sekolah.
  4. Membayar pendaftaran sebesar Rp250.000,-
Prosedur Pendaftaran
  1. Calon mahasiswa dapat mengambil formulir pendaftaran di kampus STT Amanat Agung, Jl. Kedoya Raya No. 18, Jakarta Barat, atau mengunduh formulir pendaftaran berikut ini:
  2. Formulir dapat dicetak, diisi dengan pulpen, dan dikirim dalam bentuk fisik (hardcopy) via pos/jasa pengiriman ke: 
    Bagian Admisi STT Amanat Agung (u/p Ibu Yenny, M.Div.)
    Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung
    Jl. Kedoya Raya 18  RT/RW 04/07
    Jakarta Barat 11520
    Indonesia

    atau,

    diisi langsung dengan apps Acrobat Reader, Chrome, atau apps lainnya, lalu dikirimkan dalam bentuk file (softcopy) ke alamat e-mail Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

  3. Bagian Admisi akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen dan meminta kelengkapan yang masih kurang. 
    Apabila dipandang sudah lengkap, maka STT Amanat Agung akan mengirimkan Surat Lulus Seleksi Administratif dan calon mahasiswa akan dijadwalkan untuk mengikuti tes dan wawancara.
    CATATAN: TES DAN WAWANCARA PMB TAHUN AJARAN 2020/2021 AKAN DIADAKAN SECARA REALTIME; CALON MAHASISWA TIDAK PERLU HADIR DI KAMPUS STT AMANAT AGUNG DI JAKARTA.

Perkiraan Biaya Studi*

  1. Formulir pendaftaran: Rp250.000,-
  2. Jas almamater: Rp850.000,-
  3. Kartu mahasiswa/perpustakaan: Rp25.000,-
  4. Biaya administrasi: 8 modul x Rp500.000,- per modul= Rp4.000.000,-
  5. Biaya kuliah: 8 modul x Rp800.000,- per modul= Rp6.400.000,-
  6. Iuran Senat: 4 semester x Rp100.000,- per semester= Rp400.000,-
  7. Iuran Kesehatan: 4 semester x Rp150.000,- per semester= Rp600.000,-
  8. Biaya wisuda: Rp1.000.000,-

Perkiraan total biaya studi: Rp13.525.000,-

Untuk informasi lainnya, silakan merujuk pada Katalog Pascasarjana STT Amanat Agung Tahun 2017 

*Perkiraan tahun akademik 2019-2020.
STTAA berhak sewaktu-waktu melakukan penyesuaian biaya-biaya dimaksud di atas apabila diperlukan.

Kurikulum

M.Min Pastoral
Semester I (8 SKS)
- Pelayanan Pastoral
- Spiritual Pastoral

Semester II (8 SKS)
- Kepemimpinan Pastoral
- Model-model Khotbah

Semester III (8 SKS)
- Pelayanan Keluarga
- Proposal Proyek Akhir

Semester IV (8 SKS)
- Gereja dan Budaya
- Project Paper (Tugas Akhir)

M.Min Youth Ministry
Semester I (8 SKS)
- Theological Foundation of Youth Ministry
- Youth Culture

Semester II (8 SKS)
- Youth Leadership
- Models of Youth Ministry

Semester III (8 SKS)
- Evangelism and Disciple-Making in Youth Ministry
- Research Method and Project Proposal

Semester IV (8 SKS)
- Spiritual Direction for Youth
- Project Paper (Tugas Akhir)


Cetak  

Berita Terbaru

STTAA Peduli Sesama STTAA Peduli Sesama STTAA Peduli Sesama merupakan suatu kegerakan yang dilakukan oleh komunitas STT Amanat Agung sebagai bentuk respons pastoral dan...
Persekutuan Pascasarjana 2 Maret 2020 Persekutuan Pascasarjana 2 Maret 2020 Pascasarjana STT Amanat Agung mengadakan persekutuan pada tanggal 2 Maret 2020. Persekutuan diawali dengan ramah tamah, dilanjutkan...
Kuliah Umum 14 Februari 2020 Kuliah Umum 14 Februari 2020 Kuliah umum dengan tema "Spiritualitas Pastoral" telah dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Februari 2020. Dalam Kuliah Umum ini Pdt....
Calvin Symposium on Worship Calvin Symposium on Worship Pada tanggal 30 Januari - 1 Februari 2020, Bpk. Fandy Tanujaya, B.Bus., Th.M. mewakili STT Amanat Agung menghadiri Calvin Symposium...
Donor Darah 27 Januari 2020 Donor Darah 27 Januari 2020 Senat mahasiswa STT Amanat Agung bekerjasama dengan @palangmerah_indonesia telah mengadakan kegiatan Donor Darah pada hari Senin,...
Emmaus Center 20-21 Januari 2020 Emmaus Center 20-21 Januari 2020 Emmaus Center Modul "Eksplorasi Perjanjian Baru: Kitab-Kitab Injil” yang akan dibawakan oleh Pdt. Jonly Joihin, S.H., Ph.D. telah...
Seminar Pascasarjana 13 Januari 2020 Seminar Pascasarjana 13 Januari 2020 Seminar Pascasarjana yang dibawakan oleh Prof. Bruce A. Ware dari The Southern Baptist Theological Seminary dengan tema "There is...