Program Studi Magister Teologi (M.Th.)

Visi

Menjadi program studi unggulan tingkat nasional dengan perspektif teologi Injili yang kritis dan kontekstual, untuk menghasilkan lulusan dengan keahlian ilmu teologi yang kuat dan jiwa gembala yang berbela rasa pada tahun 2022. 

Misi
  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran dan penelitian yang mengembangkan kompetensi akademik lanjutan dalam bidang ilmu teologi.
  2. Menyiapkan rohaniwan-rohaniwan Kristen yang dapat mengamalkan ilmu teologi dalam pelayanan sebagai pastor-theologian.
  3. Mengembangkan pemahaman kritis terhadap konteks masyarakat Indonesia yang pluralistis sehingga lulusan mampu mentransformasi konteks kehidupan bergereja dan bermasyarakat secara kreatif dan konstruktif dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama antar Perguruan Tinggi dan lembaga Kristen baik di dalam maupun di luar negeri

Latar Belakang & Tujuan Program

Program Magister teologi (M.Th.) di STTAA diadakan untuk memenuhi kebutuhan para rohaniawan Kristen yang berkeinginan untuk menempuh studi teologi lanjutan ke jenjang gelar yang lebih tinggi. Para rohaniawan Kristen yang telah melayani sekian lama dalam pelayanan memang perlu untuk belajar lagi dan diperlengkapi lagi dengan wawasan dan pengetahuan yang baru dan mendalam dalam bidang-bidang tertentu. Tantangan zaman yang dihadapi dalam pelayanan jelas menuntut pembelajaran terus menerus yang didasarkan pada dan dikaitkan dengan Alkitab sebagai Firman Tuhan. Di samping itu semua bidang dalam pendidikan Teologi terus mengalami perkembangan sebagai dampak dari kemajuan ilmu dan teknologi di zaman yang terus maju, maka sangat perlu bagi seorang rohaniawan Kristen untuk juga mengetahui atau mengikuti perkembangan-perkembangan tersebut.

Program Magister Teologi adalah suatu program pendidikan akademis yang dirancang bagi mereka yang sudah memiliki gelar teologi pertama (Sarjana Teologi atau magister Divinitas) dengan IPK min. 2,75 serta berkeinginan untuk mendapatkan pendidikan lanjutan dalam area studi tertentu yang kelak berguna dalam pelayanan mengajar atau pelayanan pastoral. Program ini memiliki penekanan pada kemampuan dan keterampilan akademis, maka para mahasiswa diperlengkapi dengan pengajaran dan pelatihan untuk mempertajam pemikiran kritis dan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan lanjutan dalam studi dan riset. Selain itu program ini juga dirancang untuk meningkatkan pemahaman konteks masyarakat Indonesia yang pluralis dari segi agama, ekonomi sosial, budaya dan politik, sehingga para lulusan bisa menjadi rohaniwan yang lebih tanggap dan siap melayani secara kritis, kreatif, dinamis, dan realistis.

Saat ini Program Magister Teologi ditawarkan dalam 4 (empat) area konsentrasi:

  1. Studi Biblika
  2. Teologi Sistematika
  3. Teologi Pastoral
  4. Youth Ministry
Sistem Pendidikan

Program Magister Teologi dirancang terpadu untuk dapat diselesaikan dalam rentang waktu antara 2 tahun sampai 4 tahun, termasuk penyusunan tesis. Jumlah SKS yang harus diselesaikan adalah 40 SKS. Secara umum proses pembelajaran dilakukan dalam bentuk kuliah tatap muka, studi tutorial dan penulisan tesis. Mulai tahun ajaran 2018-2019, sistem perkuliahan pada program studi Magister Teologi ini diselenggarakan 3 hari dalam satu minggu, yaitu pada hari Senin-Rabu.

Sarana Penunjang

Perkuliahan dilakukan di Kampus STT Amanat Agung yang menempati tanah seluas ± 5000 m2. Kampus dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang belajar, antara lain: ruangan kelas yang ber-AC, ruangan chapel, ruangan musik, perpustakaan yang luas dengan koleksi yang lengkap, lab. komputer, jaringan Internet nirkabel, lapangan olahraga, gedung asrama, serta suasana kampus yang nyaman.

Persyaratan & Prosedur Pendaftaran

Persyaratan
  1. Calon Mahasiswa yang mendaftar harus memiliki gelar sekurang-kurangnya Sarjana Teologi (S.Th.) atau Magister Divinitas (M.Div.) dengan IPK minimal 2,75, dibuktikan dengan fotocopy Ijazah dan transkrip nilai dari Sekolah Tinggi tempat pendidikan sbelumnya.
  2. Calon Mahasiswa harus memiliki pengalaman pelayanan di gereja atau lembaga Kristen lainnya minimal 2 tahun dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Gereja/Lembaga pelayanan tempat selama ini calon melakukan pelayanan.
  3. Menyerahkan suatu karya tulis akademis minimal 15 halaman untuk dinilai kemampuan akademisnya dan juga mengikuti wawancara.
  4. Alumni STT Amanat Agung tidak diwajibkan untuk menyerahkan karya tulis akademis tersebut, tetapi tetap harus mengikuti proses wawancara.
  5. Calon mahasiswa harus mengikuti ujian bahasa Inggris setara TOEFL yang diatur oleh sekolah atau memiliki nilai TOEFL yang masih berlaku dengan nilai minimal 450. Bagi caln mahasiswa yang sudah memiliki nilai TOEFL yang masih berlaku, harus menyerahkan fotocopy nilai TOEFL sebagai kelengkapan administrasi pendaftaran.
  6. Membayar pendaftaran sebesar Rp250.000,-.
Prosedur Pendaftaran
  1. Calon mahasiswa dapat mengambil formulir pendaftaran di kampus STT Amanat Agung, Jl. Kedoya Raya No. 18, Jakarta Barat, atau mengunduh formulir berikut ini:
  2. Formulir dapat dicetak, diisi dengan pulpen, dan dikirim dalam bentuk fisik (hardcopy) via pos/jasa pengiriman ke: 
    Bagian Admisi STT Amanat Agung (u/p Ibu Yenny, M.Div.)
    Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung
    Jl. Kedoya Raya 18  RT/RW 04/07
    Jakarta Barat 11520
    Indonesia

    atau,

    diisi langsung dengan apps Acrobat Reader, Chrome, atau apps lainnya, lalu dikirimkan dalam bentuk file (softcopy) ke alamat e-mail Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

  3. Bagian Admisi akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen dan meminta kelengkapan yang masih kurang. 
    Apabila dipandang sudah lengkap, maka STT Amanat Agung akan mengirimkan Surat Lulus Seleksi Administratif dan calon mahasiswa akan dijadwalkan untuk mengikuti tes dan wawancara.
    CATATAN: TES DAN WAWANCARA PMB TAHUN AJARAN 2020/2021 AKAN DIADAKAN SECARA REALTIME; CALON MAHASISWA TIDAK PERLU HADIR DI KAMPUS STT AMANAT AGUNG DI JAKARTA.

Perkiraan Biaya Studi*

  1. Formulir pendaftaran: Rp250.000,-
  2. Jas almamater: Rp850.000,-
  3. Kartu mahasiswa/perpustakaan: Rp25.000,-
  4. Biaya administrasi: 2 tahun x 12 bulan x Rp500.000,- per bulan= Rp12.000.000,-
  5. Biaya kuliah: 8 modul (termasuk proposal) x Rp1.000.000,- per modul= Rp8.000.000,-
  6. Iuran Senat: 4 semester x Rp100.000,- per semester= Rp400.000,-
  7. Iuran Kesehatan: 4 semester x Rp150.000,- per semester= Rp600.000,-
  8. Biaya tesis: Rp1.500.000,-
  9. Biaya wisuda: Rp1.000.000,-

Perkiraan total biaya studi: Rp24.625.000,-

Untuk informasi lainnya, silakan merujuk pada Katalog Pascasarjana STT Amanat Agung Tahun 2017.

*Berlaku mulai tahun akademik 2019-2020.
STTAA berhak sewaktu-waktu melakukan penyesuaian biaya-biaya dimaksud di atas apabila diperlukan.

Kurikulum

Pada tahap pertama para mahasiswa harus menyelesaikan 28 SKS dalam bentuk kuliah tatap muka yang dilaksanakan secara reguler atau secara intensif. Kuliah bisa juga diberikan dalam bentuk studi tutorial dengan dibimbing seorang dosen. Nilai minimal untuk kelulusan setiap mata kuliah adalah B.

Adapun pembagian bidang-bidang mata kuliah yang harus diselesaikan adalah sebagai berikut:

  1. Mata Kuliah Inti (12 SKS)
  2. Mata Kuliah Konsentrasi (16 SKS)
    Konsentrasi I (4 SKS)
    Konsentrasi II (4 SKS)
    Konsentrasi III (4 SKS)
    Konsentrasi IV (4 SKS)

Pada tahap kedua, setelah menyelesaikan perkuliahan 28 SKS, para mahasiswa juga diwajibkan menyelesaikan proposal tesis dengan bobot 4 SKS, dan tesis dengan bobot 8 SKS. Sebelum penulisan tesis dimulai, mahasiswa harus mengikuti ujian proposal tesis yang diuji oleh tim dosen penguji. Ujian proposal tesis bersifat tertutup. Jika proposal tesis diterima pada saat ujian, maka penulisan tesis dapat mulai dilakukan dengan pembimbingan dari salah satu dosen yang ditetapkan yang juga berperan sebagai penguji tesis. Tesis dapat diajukan untuk diuji pada ujian tesis apabila tesis tersebut telah mendapatkan persetujuan layak uji dari dosen pembimbing dan kaprodi. Ujian tesis diajukan oleh tiga penguji dan ujian tesis bersifat terbuka.

M.Th. konsentrasi Youth Ministry
Mata Kuliah Wajib (12 SKS)
Tiga mata kuliah wajib yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Magister Teologi
- Ekoteologi (4 SKS)
- Tubuh dan Seksualitas (4 SKS)
- Gereja dan Politik (4 SKS)
- Paulus dan Khotbah (4 SKS)
- Keluarga dan Pelayanan dalam Konteks Multikultural (4 SKS)

Mata Kuliah Konsentrasi (16 SKS, pilih 4 mata kuliah)
- Research on Youth Culture (4 SKS)
- History of Youth Ministry (4 SKS)
- Developmental Issue in Youth and Young Adult (4 SKS)
- Models of Youth Ministry (4 SKS)
- Transformative Learning in Youth and Young Adult (4 SKS)
- Preaching to the Next Generation (4 SKS)

Proposal Tesis (4 SKS)
Tesis (8 SKS)


Cetak  

Berita Terbaru

STTAA Peduli Sesama STTAA Peduli Sesama STTAA Peduli Sesama merupakan suatu kegerakan yang dilakukan oleh komunitas STT Amanat Agung sebagai bentuk respons pastoral dan...
Persekutuan Pascasarjana 2 Maret 2020 Persekutuan Pascasarjana 2 Maret 2020 Pascasarjana STT Amanat Agung mengadakan persekutuan pada tanggal 2 Maret 2020. Persekutuan diawali dengan ramah tamah, dilanjutkan...
Kuliah Umum 14 Februari 2020 Kuliah Umum 14 Februari 2020 Kuliah umum dengan tema "Spiritualitas Pastoral" telah dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Februari 2020. Dalam Kuliah Umum ini Pdt....
Calvin Symposium on Worship Calvin Symposium on Worship Pada tanggal 30 Januari - 1 Februari 2020, Bpk. Fandy Tanujaya, B.Bus., Th.M. mewakili STT Amanat Agung menghadiri Calvin Symposium...
Donor Darah 27 Januari 2020 Donor Darah 27 Januari 2020 Senat mahasiswa STT Amanat Agung bekerjasama dengan @palangmerah_indonesia telah mengadakan kegiatan Donor Darah pada hari Senin,...
Emmaus Center 20-21 Januari 2020 Emmaus Center 20-21 Januari 2020 Emmaus Center Modul "Eksplorasi Perjanjian Baru: Kitab-Kitab Injil” yang akan dibawakan oleh Pdt. Jonly Joihin, S.H., Ph.D. telah...
Seminar Pascasarjana 13 Januari 2020 Seminar Pascasarjana 13 Januari 2020 Seminar Pascasarjana yang dibawakan oleh Prof. Bruce A. Ware dari The Southern Baptist Theological Seminary dengan tema "There is...