Program Magister Ministri (M.Min)
dalam Bidang Pelayanan Pengembalaan

Latar Belakang
Gelar Magister Ministri (M.Min) dalam bidang pelayanan pengembalaan adalah gelar professional yang dirancang bagi para hamba Tuhan yang penuh waktu dan bagi mereka yang mau mengembangkan akademik dan kemampuan dalam pelayanan bidang pengembalaan . Gereja pada zaman ini sedang menghadapi berbagai tantangan seperti Sekulerism, Humanism, New Atheism, Materialism, dan Hedonism dll. Dalam menghadapi tantangan tersebut, para hamba Tuhan perlu diperlengkapi dalam berbagai segi seperti kehidupan pribadi yang saleh, tanggung jawab budaya, kehandalan pelayanan pengembalaan, dan pengembangan karuniah Roh. Oleh sebab itu, program M.Min ini diadakan bagi mereka yang telah menyelesaikan gelar pendidikan teologi seperti S.Th atau setara dan bagi mereka yang rindu memperlengkapi diri dalam bidang akademis dan bidang pelayanan pengembalaan supaya mereka bukan hanya mampu memberi jawaban terhadap tantangan jaman, melainkan juga mampu memikirkan pemahaman teologi Kristen yang benar dalam mengintegrasikan berbagai masalah pelayanan pengembalaan.

Tujuan
Tujuan program M.Min adalah untuk memperlengkapi para hamba Tuhan supaya mereka lebih efektif dan efisien dalam melayani Tuhan di gereja lokal .

Deskripsi
Bagi mereka yang telah memiliki pengalaman pelayanan gereja atau lembaga Kristen atau badan Misi selama 2 tahun sejak kelulusan, dapat mengikuti program ini. Karena gelar Magister Ministri (M.Min) berfokus kepada keahlian dalam bidang pelayanan pengembalaan, maka mata kuliah juga disusun berdasarkan integrasi antara teologi Kristen dan keahlian bidang pelayanan pengembalaan. Dengan demikian, para peserta diharapkan dapat memiliki keahlian dalam bidang pelayanan pengembalaan.

Tuntutan Pendidikan
Program Magister Ministri (M.Min) dirancang sedemikian rupa sehingga para mahasiswa dapat menyelesaikannya dalam rangka 1-3 tahun, tanpa penyusunan tesis. Jumlah SKS yang harus diselesaikan sebanyak 32 SKS terdiri dari 8 mata kuliah dalam bentuk perkuliahan tatap muka yang dilaksanakan secara modular. Kuliah juga dapat diadakan dalam bentuk studi mandiri dengan bimbingan dosen tertentu sesuai dengan bidang keahliannya. Nilai minimal untuk kelulusan dari setiap mata kuliah adalah B-. Bagi mereka yang telah menyelesaikn perkuliahan dengan nilai rata-rata dengan IP (Indeks Prestasi) B-, akan dinyatakan lulus.

Kurikulum Program Studi
Berdasarkan tujuan program M.Min yaitu kemampuan dalam bidang akademik dan keahlian dalam bidang pelayanan pengembalaan, kurikulum program Magister Ministri disusun sebagai berikut:

Mata Kuliah Wajib (3 Mata Kuliah):
         1.      Teologi Pastoral (Pastoral Theology)
         2.      Spiritualitas Pastoral (Pastoral Spirituality)
         3.      Kepeminpinan Pastoral (Pastoral Leadership)

Mata Kuliah Pilihan (5 Mata Kuliah):
         1.      Ibadah dan Liturgi (Worship and Liturgy)
         2.      Teologi Kotbah (Theology of Preaching)
         3.      Pembinaan Warga Gereja (Christian Nurture in the Local Church)
         4.      Pelayanan Konseling dalam Gereja Lokal (Counseling Ministry in the Local Church)
         5.      Pelayanan Konseling Pernikahan dan Keluarga (Marriage and Family Counseling)
         6.      Pelayanan Kaum Muda (Young Adult Ministry)
         7.      Penelitian Jemaat (Social Science Research in Local Church)
         8.      Misi Global (Global Mission)
         9.      Pertumbuhan Gereja dan Penginjilan (Church Development and Evangelism)
       10.      Theologi Oikumenis (Ecumenical Theology)
       11.      Penamanan Gereja (Church Planting)
       12.      Mandat Budaya dalam Pelayanan Pastoral (Cultural Mandate in Pastoral Ministry)
       13.      Managemen dan Adaminsitrasi Gereja (Management and Administration of Church)

Biaya Perkuliahan
Setiap mahasiswa dikenakan biaya kuliah sebesar Rp 600.000 (Enam ratus ribu rupiah) per mata kuliah/4 SKS.

Sarana Penunjang
Perkuliahan dilakukan di Kampus STT Amanat Agung yang menempati tanah seluas ± 5000 m2. Kampus dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang belajar, antara lain: ruangan kelas yang ber-AC, ruangan chapel, ruangan musik, perpustakaan yang luas dengan koleksi yang lengkap, lab. komputer, jaringan Internet nirkabel, lapangan olahraga, gedung asrama, serta suasana kampus yang nyaman. 

Untuk informasi selengkapnya, silakan merujuk pada Katalog Pascasarjana STT Amanat Agung 

Back to Top