Seminar Pascasarjana

Posted 3 months ago

Seminar Pascasarjana telah diadakan pada 13 November 2018, pkl. 13.30-15.00 dengan tema “Origen on the return of Fallen Soul to God through the Interplay of Prayer and Scripture,” yang dibawakan oleh GI. Casthelia Kartika, D.Th. Seminar ini diikuti oleh 27 orang, termasuk peserta dari luar STT Amanat Agung. Origen of Alexandria (185-254CE) adalah seorang pemikir besar di zamannya dan sekaligus juga seorang teolog yang sangat kontroversial hingga hari ini. Karya-karyanya dipuji dan sekaligus dikutuk selama berabad-abad karena ajarannya yang dianggap sesat. Namun demikian, di balik kontroversi tentang dirinya, legasi dari pemikiran Origen tidak dapat dihapus dari sejarah pemikiran Kristen hingga hari ini.

 

Kuliah umum kali ini membahas pemikiran Origen yang khas tentang pentingnya doa bagi pembacaan spiritual terhadap Kitab Suci. Bagi Origen, pembacaan spiritual tidak dapat berdiri sendiri; doa diperlukan untuk membuat pembacaan bekerja secara maksimal dalam diri pembaca dan pendengar.

STT Amanat Agung terus berkomitmen meningkatkan kualitas penyelenggaraan studi pascasarjana, salah satunya dengan cara konsisten mengadakan seminar-seminar pascasarjana dengan topik-topik yang merupakan hasil penelitian dari para pembicaranya. Simak terus website STT Amanat Agung untuk mendapatkan informasi tentang seminar pascasarjana berikutnya.