News

Warung Teologi

Posted 5 months ago

Pada hari Senin, 26 November 2018, Pkl. 15.30-17.30 Senat Mahasiswa STT Amanat Agung kembali mengadakan “Warung Teologi”, sebuah wadah untuk mengintegrasikan teologi yang telah dipelajari di kelas dengan isu-isu yang sedang hangat berkembang. 

STT Amanat Agung terus berusaha untuk membekali mahasiswa, sehingga setelah lulus mereka dapat menjadi hamba Tuhan yang melayani secara relevan baik di gereja maupun di tengah masyarakat.

Kali ini “Warung Teologi” mengangkat tema “Peran Hamba Tuhan dalam Menanggapi Isu-Isu Politik di Indonesia.” Tema ini diangkat dengan melihat ke depan bahwa tahun yang akan datang adalah “tahun politik” yang penting bagi perjalanan bangsa kita. Acara kali ini dihadiri oleh Pdt. Andreas Himawan, D.Th. sebagai narasumber dan mahasiswa/i STT Amanat Agung.

Hamba Tuhan harus paham betul bahwa mereka dipanggil untuk mengajar dan memberitakan firman Tuhan. Namun, bukan berarti hamba Tuhan menjadi orang yang tidak tahu apa-apa tentang berbagai realitas kehidupan, dalam hal ini isu-isu politik yang berkembang di tanah air. Hamba Tuhan harus “melek” terhadap situasi politik, serta mengajar jemaatnya untuk bersikap dengan tepat.

Dalam warung teologi kali ini, Pdt. Andreas Himawan memberikan 2 pertanyaan untuk didiskusikan dan ditanggapi bersama:

  1. Bagaimana respons teologis dan praktis kalian terhadap isu maraknya hamba-hamba Tuhan yang menjadi Caleg?
  2. Diskusikan alasan-alasan pro atau kontra bila ada hamba Tuhan yang menganjurkan anggota-anggota jemaatnya memilih salah satu capres di pilpres yang akan datang.

Di akhir “Warung Teologi” ini, Pdt. Andreas Himawan mengingatkan bahwa seharusnya yang hamba Tuhan lakukan adalah mengajar jemaatnya untuk bisa melihat dan menilai calon mana yang memiliki hati bagi bangsa Indonesia. Hamba Tuhan seharusnya mengajar jemaat untuk melihat berbagai fenomena politik dengan jeli dan menilai dengan cerdas calon-calon mana yang paling memiliki hati bagi Indonesia.