News

Seminar M.Min dan M.Th

Posted 6 months ago

STT Amanat Agung kembali mengadakan Seminar bagi Mahasiswa Program Studi Magister Teologi dan Magister Ministri pada hari Senin, 14 Januari 2019 mulai pkl. 13.30-15.00 dan dihadiri oleh 30 orang, termasuk peserta dari luar. Seminar kali ini mengangkat tema “Justinian and the Theopaschite Formula” yang dibawakan oleh GI. Hendro Lim, S.Kom., M.Th.

Konsili Chalcedon menyisakan perdebatan yang panjang dan pelik. Dituduh sebagai konsili yang mendukung Nestorianisme, Chalcedon ditentang keras oleh kelompok Alexandria dan para pendukungnya. Mereka berpendapat bahwa Chalcedon berpotensi menyangkali bahwa "the impassible God" dapat mengalami penyaliban, menderita, dan mati sekalipun Dia telah menjelma menjadi manusia. Di tengah perdebatan yang menjurus pada perpecahan gereja tersebut, Kaisar Justinian melihat secercah harapan untuk menyatukan para pihak dengan "Theopaschite formula" yang diusung oleh beberapa biarawan Skit. Justinian mendapati bahwa formula "unus ex Trinitate incarnatus ex passus" (one of the Trinity incarnate and suffer) sebenarnya dipegang oleh para tokoh dari berbagai faksi dan kalau dia berhasil meyakinkan para pihak untuk menerima formula tersebut, besar kemungkinan kecurigaan-kecurigaan antar faksi yang bertikai akan dapat diredakan. Upaya Justinian membuahkan penerimaan dari Patriarch Epiphanius dari Konstantinopel (520-535), Uskup Agung Hypatius dari Efesus (531-538), dan Paus Yohanes II (533-535). Bahkan di kemudian hari banyak teolog Latin yang juga menerimanya berkat Traktat Kelima dari Boethius. Untuk sejenak, perbedaan itu seakan telah teratasi dan persatuan seakan telah terwujud. Namun demikian, perbedaan-perbedaan yang terjadi telanjur meluas dan berbagai kepentingan kembali mengoyak kesatuan yang masih rapuh itu sehingga persekutuan para pihak tidak pernah benar-benar dipulihkan. Di masa berikutnya, para pihak terus mengembangkan pandangan masing-masing dan sampai hari ini terdapat berbagai pandangan tentang theopaschism.

STT Amanat Agung terus berkomitmen untuk terus berbenah diri dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan studi. Upaya ini nyata terlihat salah satunya melalui konsistensi STT Amanat Agung dalam mengadakan seminar-seminar bagi Mahasiswa/i Program Studi Magister Teologi dan Magister Ministri dengan topik-topik yang merupakan hasil penelitian dari para pembicaranya. Simak terus website STT Amanat Agung untuk mendapatkan informasi tentang seminar pascasarjana berikutnya.