Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022

Kabar gembira bagi saudara-saudara yang merasakan panggilan Tuhan dan hendak mendedikasikan hidup untuk melayani Tuhan. STT Amanat Agung adalah tempat yang tepat bagi saudara-saudara untuk dibentuk dan dipersiapkan menjadi hamba Tuhan penuh waktu. Kami menyadari bahwa setiap generasi memiliki keunikan, kesempatan, dan tantangan tersendiri.

Tahun akademik 2021/2022 , Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung menawarkan program studi berikut:

1. Sarjana Teologi (S.Th.) untuk lulusan SMA/sederajat

  • Konsentrasi Penggembalaan
  • Konsentrasi Pendidikan Kristen

2. Magister Divinitas (M.Div.) untuk pemegang gelar  S1 umum

  • Konsentrasi Penggembalaan
  • Konsentrasi Pendidikan Kristen

3. Magister Ministry (M.Min.) untuk pemegang gelar S.Th., M.Div. atau sederajat

  • Konsentrasi Pastoral
  • Konsentrasi Youth Ministry (cohort kedua akan dimulai kembali tahun akademik 2021/2022)

4. Magister Teologi (M.Th.) untuk pemegang gelar S.Th., M.Div. atau sederajat

  • Konsentrasi Studi Biblika
  • Konsentrasi Teologi Sistematika
  • Konsentrasi Teologi Praktika
  • Konsentrasi Youth Ministry

5. Sertifikat Teologi (non gelar)

  • Sertifikat Teologi dalam Pelayanan Gerejawi
  • Sertifikat Teologi Konsentrasi Pendidikan Kristen

6. Audit / Pendengar

Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran

1. Program Studi Sarjana Teologi (S.Th.)

  • Calon mahasiswa/i memiliki panggilan dan beban secara khusus untuk melayani secara penuh waktu baik di gereja maupun di Lembaga Pelayanan Kristen.
  • Calon mahasiswa/i memiliki panggilan dan beban pelayanan secara khusus di bidang Pendidikan Kristen (Khusus Konsentrasi Pendidikan Kristen).
  • Calon mahasiswa/i telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Umum/Sederajat.
  • Calon mahasiswa telah dibaptis dewasa/sidi minimal 2 tahun (kecuali kalau ada penundaan karena persyaratan usia minimal untuk baptisan dewasa/sidi di gereja calon mahasiswa).
  • Calon mahasiswa melengkapi formulir pendaftaran dan persyaratan administrasi lainnya.
  • Lulus dalam ujian saringan masuk (pengetahuan Alkitab, bahasa Inggris, psikotes) dan wawancara.

2. Program Studi Magister Divinitas (M.Div.)

  • Calon mahasiswa/i memiliki panggilan dan beban secara khusus untuk melayani secara penuh waktu baik di gereja maupun di Lembaga Pelayanan Kristen.
  • Calon mahasiswa/i memiliki panggilan dan beban pelayanan secara khusus di bidang Pendidikan Kristen (Khusus Konsentrasi Pendidikan Kristen)
  • Calon mahasiswa/i telah menyelesaikan pendidikan strata satu non-teologi dengan IPK min. 2,67
  • Calon mahasiswa telah dibaptis dewasa/sidi minimal 2 tahun (kecuali kalau ada penundaan karena persyaratan usia minimal untuk baptisan dewasa/sidi di gereja calon mahasiswa).
  • Calon mahasiswa melengkapi formulir pendaftaran dan persyaratan administrasi lainnya.
  • Lulus dalam ujian saringan masuk (pengetahuan Alkitab, bahasa Inggris, psikotes) dan wawancara.

3. Program Studi Magister Ministry (M.Min.)

  • Calon Mahasiswa yang mendaftar harus memiliki gelar sekurang-kurangnya Sarjana Teologi atau Setara, dengan IPK 2,67 (B-) dibuktikan dengan fotocopy Ijazah dan transkrip nilai dari Sekolah Teologi tempat pendidikan sebelumnya.
  • Calon Mahasiswa harus memiliki pengalaman pelayanan di gereja atau lembaga Kristen lainnya minimal 2 tahun setelah lulus S.Th. atau setara; dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Gereja / Lembaga pelayanan tempat selama ini calon mahasiswa melakukan pelayanan.
  • Calon mahasiswa harus mengikuti ujian bahasa Inggris yang diatur oleh sekolah
  • Membayar pendaftaran sebesar Rp300.000,-

4. Program Studi Magister Teologi (M.Th.)

  • Calon Mahasiswa yang mendaftar harus memiliki gelar sekurang-kurangnya Sarjana Teologi (S.Th.) atau Magister Divinitas (M.Div.) dengan IPK minimal 2,75, dibuktikan dengan fotocopy Ijazah dan transkrip nilai dari Sekolah Tinggi tempat pendidikan sebelumnya.
  • Calon Mahasiswa harus memiliki pengalaman pelayanan di gereja atau lembaga Kristen lainnya minimal 2 tahun setelah lulus S.Th. atau M.Div.; dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Gereja/Lembaga pelayanan tempat selama ini calon melakukan pelayanan.
  • Menyerahkan suatu karya tulis akademis minimal 15 halaman untuk dinilai kemampuan akademisnya dan juga mengikuti wawancara.
  • Alumni STT Amanat Agung tidak diwajibkan untuk menyerahkan karya tulis akademis tersebut, tetapi tetap harus mengikuti proses wawancara.
  • Calon mahasiswa harus mengikuti ujian bahasa Inggris setara TOEFL yang masih berlaku dengan nilai minimal 450. Bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki nilai TOEFL yang masih berlaku, harus menyerahkan fotocopy nilai TOEFL sebagai kelengkapan administrasi pendaftaran.
  • Membayar pendaftaran sebesar Rp300.000,-.

5. Program nongelar Sertifikat Teologi

II. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran dan formulir-formulir pendukung
Catatan: Formulir dapat dicetak, diisi dengan pulpen, dan dikirim dalam bentuk fisik (hardcopy), atau
             diisi langsung dengan apps Acrobat Reader, Chrome, atau apps lainnya, lalu dikirimkan dalam bentuk file (softcopy).

  1. Formulir Pendaftaran diisi oleh calon mahasiswa
  2. Formulir Dukungan Finansial diisi oleh pendukung finansial
  3. Keterangan Kesehatan diisi oleh dokter

III. Calon mahasiswa mengirimkan semua dokumen (Formulir-formulir dan dokumen pendukung)
Calon mahasiswa mengirimkan file (softcopy) ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau mengirimkan cetakan (hardcopy) lewat pos/jasa pengiriman ke:

Bagian Admisi STT Amanat Agung (u/p Ibu Yenny, M.Div.)
Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung
Jl. Kedoya Raya 18  RT/RW 04/07
Jakarta Barat 11520
Indonesia

Batas akhir penyerahan dokumen adalah satu minggu sebelum test masuk.

Formulir Rekomendasi
Selain ketiga formulir di atas, juga terdapat Formulir Rekomendasi A, B, dan C (khusus untuk calon mahasiswa M.Th.):

  • Rekomendasi A – diisi oleh Hamba Tuhan (di luar keluarga, kerabat, atau pacar) yang melayani di Gereja atau Lembaga Kristen yang sama dengan calon mahasiswa, dan telah mengenal calon mahasiswa minimal 2 tahun.
  • Rekomendasi B – diisi oleh teman atau sahabat (di luar keluarga, kerabat, atau pacar) yang telah mengenal calon mahasiswa minimal 2 tahun.
  • Rekomendasi C (khusus untuk calon mahasiswa M.Th.) – diisi oleh dosen institusi sebelumnya yang pernah mengajar calon mahasiswa dan mengenal calon mahasiswa minimal 2 tahun.

Catatan: Calon mahasiswa bertanggung jawab memastikan terlebih dahulu kesediaan para perekomendasi dan bertanggung jawab mengirimkan formulir-formulir rekomendasi kepada para perekomendasi. Perekomendasi mengisi formulir rekomendasi dan mengirimkannya kembali langsung kepada STT Amanat Agung dalam bentuk file (softcopy) ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau mengirimkan cetakan (hardcopy) lewat pos/jasa pengiriman ke:

Bagian Admisi STT Amanat Agung (u/p Ibu Yenny, M.Div.)
Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung
Jl. Kedoya Raya 18  RT/RW 04/07
Jakarta Barat 11520
Indonesia

IV. Seleksi administratif oleh Bagian Admisi STT Amanat Agung

  • Untuk dapat mengikuti Seleksi PMB, calon mahasiswa harus memasukkan formulir pendaftaran (lengkap) sebelum tanggal akhir pendaftaran.
  • Hamba Tuhan, Rekan atau Majelis yang diminta mengisi Form Rekomendasi A, B & C (Form C hanya untuk calon mahasiswa program studi M.Th.), dimohon untuk mengirimkan kembali formulir rekomendasi yang telah diisi melalui e-mail atau dikirim lewat pos/jasa pengiriman yang tertera dalam formulir rekomendasi.
  • Surat keterangan gereja (apabila kantor gereja sementara ini belum bisa menerbitkannya), untuk saat ini bisa diganti dengan kartu anggota atau surat baptis, lalu discan atau difoto (dengan gambar yang jelas) dan dikirim lewat e-mail. Surat Keterangan Gereja wajib diserahkan apabila calon mahasiswa dinyatakan diterima (lulus tes dan wawancara).
  • Ijazah SMA/sederajat atau Surat Keterangan Lulus bisa menyusul. Untuk sementara bisa digantikan dengan scan atau foto Rapor di bagian depan (keterangan data pemilik rapor) dan scan atau foto rapor kelas 12. Surat Keterangan Lulus/Fotocopy Ijazah perlu diserahkan apabila calon mahasiswa dinyatakan diterima (lulus tes dan wawancara).
  • Surat Keterangan Kesehatan akan menyusul setelah calon mahasiswa yang mengikuti ujian masuk, telah dinyatakan diterima secara bersyarat.
  • Bagian Admisi akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen dan meminta kelengkapan yang masih kurang.
  • Apabila dipandang sudah lengkap, maka STT Amanat Agung akan mengirimkan Surat Lulus Seleksi Administratif dan mengundang calon untuk mengikuti tes dan wawancara.

V. Test dan Wawancara
Tes masuk dibedakan sebagai berikut:

  • Bagi calon mahasiswa S.Th, M.Div. dan Sertifikat terdiri dari:
    • Tes Pengetahuan Alkitab,
    • Tes Bahasa Inggris, dan
    • Psikotes
  • Bagi calon mahasiswa M.Min. mengikuti tes Bahasa Inggris yang diadakan oleh STT Amanat Agung.
  • Bagi calon mahasiswa M.Th. hanya terdiri tes TOEFL paper-based yang dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa di lembaga yang diakui. Hasil tes diserahkan kepada STT Amanat Agung. Nilai minimal adalah 450 atau ekuivalen
  • TES DAN WAWANCARA AKAN DIADAKAN SECARA REALTIME; CALON MAHASISWA TIDAK PERLU HADIR DI KAMPUS STT AMANAT AGUNG DI JAKARTA.
    • Bagian Admisi STT Amanat Agung akan memberitahukan jam untuk tes dan wawancara serta teknis pelaksanaannya kepada calon mahasiswa yang Lulus Seleksi Administratif.
  • Seleksi PMB tahun 2021/2022 dilakukan SECARA ONLINE, yang dijadwalkan dalam empat gelombang:
    Gelombang I: 22-24 Maret 2021
    Gelombang II: 3-5 Mei 2021
    Gelombang III: 21-23 Juni 2021
    Gelombang IV: 19,21-22 Juli 2021

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Ibu Yenny, M.Div. di:
No. Telp. +62 21 5835 7685
WA. +62 8222 1111 377, atau
email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 


Cetak  

Berita Terbaru

Wisuda dan Dies Natalis Ke-24 STT Amanat Agung Wisuda dan Dies Natalis Ke-24 STT Amanat Agung "Hidup dengan Iman, Berjejak Kokoh di Tengah Tantangan" Pada hari Sabtu, 11 September 2021, STT Amanat Agung telah menyelenggarakan...
Penahbisan Pendeta Penahbisan Pendeta Yayasan Amanat Agung Indonesia dan Segenap Civitas Academica STT Amanat Agung turut bersukacita dan mendoakan Pnt. K. Casthelia...
Ulang Tahun STTAA Ulang Tahun STTAA Pada tanggal 28 Agustus 2021 STT Amanat Agung genap berusia 24 tahun. Segenap civitas academica STT Amanat Agung tak henti-hentinya...
Rangkaian Acara Pembukaan Semester Rangkaian Acara Pembukaan Semester Kebaktian Pagi Rangkaian Pembukaan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 telah diselenggarakan pada hari Jumat, 13 Agustus 2021...
Doa bagi Sahabat Salam sejahtera Bapak/Ibu Sahabat STT Amanat Agung, Di tengah pandemi panjang ini, hal yang paling fundamental dilakukan oleh setiap...
Forum Diskusi ke-4 Proyek Penelitian Biblika Forum Diskusi ke-4 Proyek Penelitian Biblika Pada hari Jumat, 30 Juli 2021 Pusat Studi Biblika STT Amanat Agung telah menyelenggarakan forum diskusi ke-4 proyek penelitian biblika...
Berita STT Amanat Agung edisi Juli 2021 Berita STT Amanat Agung edisi Juli 2021 Telah terbit Berita STT Amanat Agung edisi Juli 2021. Melalui Berita STT Amanat Agung Anda dapat semakin mengenal kami lewat laporan...