Program Studi Magister Teologi (M.Th.)

Booklet Magister Teologi Blended System STT Amanat Agung 2022
Visi

Menjadi program studi unggulan tingkat nasional dengan perspektif teologi Injili yang kritis dan kontekstual, untuk menghasilkan lulusan dengan keahlian ilmu teologi yang kuat dan jiwa gembala yang berbela rasa. 

Misi
  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran dan penelitian yang mengembangkan kompetensi akademik lanjutan dalam bidang ilmu teologi.
  2. Menyiapkan rohaniwan-rohaniwan Kristen yang dapat mengamalkan ilmu teologi dalam pelayanan sebagai pastor-theologian.
  3. Mengembangkan pemahaman kritis terhadap konteks masyarakat Indonesia yang pluralistis sehingga lulusan mampu mentransformasi konteks kehidupan bergereja dan bermasyarakat secara kreatif dan konstruktif.
  4. Menjalin kerjasama antar Perguruan Tinggi dan lembaga Kristen baik di dalam maupun di luar negeri

Latar Belakang & Tujuan Program

Program Magister Teologi (M.Th.) di STTAA diadakan untuk memenuhi kebutuhan para rohaniwan Kristen yang berkeinginan untuk menempuh studi teologi lanjutan ke jenjang gelar yang lebih tinggi. Para rohaniwan Kristen yang telah melayani sekian lama dalam pelayanan memang perlu untuk belajar lagi dan diperlengkapi lagi dengan wawasan dan pengetahuan yang baru dan mendalam dalam bidang-bidang tertentu. Tantangan zaman yang dihadapi dalam pelayanan jelas menuntut pembelajaran terus menerus yang didasarkan pada dan dikaitkan dengan Alkitab sebagai Firman Tuhan. Di samping itu semua bidang dalam pendidikan Teologi terus mengalami perkembangan sebagai dampak dari kemajuan ilmu dan teknologi di zaman yang terus maju, maka sangat perlu bagi seorang rohaniwan Kristen untuk juga mengetahui atau mengikuti perkembangan-perkembangan tersebut.

Program Magister Teologi adalah suatu program pendidikan akademis yang dirancang bagi mereka yang sudah memiliki gelar teologi pertama (Sarjana Teologi atau magister Divinitas) dengan IPK min. 2,75 serta berkeinginan untuk mendapatkan pendidikan lanjutan dalam area studi tertentu yang kelak berguna dalam pelayanan mengajar atau pelayanan pastoral. Program ini memiliki penekanan pada kemampuan dan keterampilan akademis, maka para mahasiswa diperlengkapi dengan pengajaran dan pelatihan untuk mempertajam pemikiran kritis dan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan lanjutan dalam studi dan riset. Selain itu program ini juga dirancang untuk meningkatkan pemahaman konteks masyarakat Indonesia yang pluralis dari segi agama, ekonomi sosial, budaya dan politik, sehingga para lulusan bisa menjadi rohaniwan yang lebih tanggap dan siap melayani secara kritis, kreatif, dinamis, dan realistis.

Saat ini Program Magister Teologi ditawarkan dalam 4 (empat) area konsentrasi:

  1. Studi Biblika
  2. Teologi Sistematika
  3. Pelayanan Pastoral
  4. Pelayanan Kaum Muda
Sistem Pendidikan

Program Magister Teologi dirancang terpadu untuk dapat diselesaikan dalam rentang waktu antara 2 tahun sampai 4 tahun, termasuk penyusunan tesis. Jumlah SKS yang harus diselesaikan adalah 40 SKS. Secara umum proses pembelajaran dilakukan dalam bentuk kuliah tatap muka, studi tutorial dan penulisan tesis. Mulai tahun ajaran 2018-2019, sistem perkuliahan pada program studi Magister Teologi ini diselenggarakan 3 hari dalam satu minggu, yaitu pada hari Senin-Rabu.

Sarana Penunjang

Perkuliahan dilakukan di Kampus STT Amanat Agung yang menempati tanah seluas ± 5000 m2. Kampus dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang belajar, antara lain: ruangan kelas yang ber-AC, ruangan chapel, ruangan musik, perpustakaan yang luas dengan koleksi yang lengkap, lab. komputer, jaringan Internet nirkabel, lapangan olahraga, gedung asrama, serta suasana kampus yang nyaman.

Persyaratan & Prosedur Pendaftaran

Persyaratan
  1. Calon mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan Sarjana Teologi (S.Th.) atau Magister Divinitas (M.Div.) dengan IPK minimal 2,75, dibuktikan dengan fotokopi Ijazah dan transkrip nilai dari Sekolah Tinggi tempat pendidikan sebelumnya.
  2. Calon mahasiswa harus memiliki pengalaman pelayanan di gereja atau lembaga Kristen lainnya minimal 2 tahun setelah lulus S.Th. atau M.Div., dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Gereja/lembaga pelayanan di mana calon mahasiswa melakukan pelayanan.
  3. Calon mahasiswa menulis dan menyerahkan tulisan akademis berdasarkan topik dan pertanyaan yang sudah ditentukan oleh STT Amanat Agung. Untuk mengetahui topik dan panduan penulisan, silakan menghubungi Unit Admisi.
  4. Calon mahasiswa harus menyerahkan hasil TOEFL yang masih berlaku dengan nilai minimal 450.
  5. Calon mahasiswa melengkapi formulir pendaftaran dan persyaratan administrasi lainnya, serta mengikuti wawancara.
  6. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,-.
Prosedur Pendaftaran
  1. Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online melalui link berikut: Klik di sini, atau dapat mengambil formulir pendaftaran di kampus STT Amanat Agung, Jl. Kedoya Raya No. 18, Jakarta Barat, atau mengunduh formulir berikut ini:
  2. Formulir dapat diisi langsung dengan apps Acrobat ReaderChrome, atau apps lainnya, lalu dikirimkan dalam bentuk file (softcopy) ke alamat e-mail Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau melalui WA ke nomor 082221111377 
    (Ibu Yenny, M.Div.)
  3. Bagian Admisi akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen dan meminta kelengkapan yang masih kurang. 
    Apabila dipandang sudah lengkap, maka STT Amanat Agung akan mengirimkan Surat Lulus Seleksi Administratif dan calon mahasiswa akan dijadwalkan untuk mengikuti tes dan wawancara.
    CATATAN: TES DAN WAWANCARA PMB TAHUN AJARAN 2022/2023 AKAN DIADAKAN SECARA REALTIME (Online); CALON MAHASISWA TIDAK PERLU HADIR DI KAMPUS STT AMANAT AGUNG DI JAKARTA.

Perkiraan Biaya Studi*

  1. Formulir pendaftaran: Rp300.000,-
  2. Jas almamater: Rp850.000,-
  3. Kartu mahasiswa/perpustakaan: Rp100.000,-
  4. Biaya administrasi: 2 tahun x 12 bulan x Rp500.000,- per bulan= Rp12.000.000,-
  5. Biaya kuliah: 8 modul (termasuk proposal) x Rp1.000.000,- per modul= Rp8.000.000,-
  6. Iuran Senat: 4 semester x Rp100.000,- per semester= Rp400.000,-
  7. Iuran Kesehatan: 4 semester x Rp150.000,- per semester= Rp600.000,-
  8. Biaya tesis: Rp1.500.000,-
  9. Biaya wisuda: Rp1.000.000,-

Perkiraan total biaya studi: Rp24.750.000,-

*Rincian biaya studi ini adalah untuk waktu studi 2 tahun. Berlaku mulai Tahun Akademik 2022/2023.
STTAA berhak sewaktu-waktu melakukan penyesuaian biaya-biaya dimaksud di atas apabila diperlukan.

  


Cetak  

Berita Terbaru

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT) Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT) Unit Penjaminan Mutu STT Amanat Agung telah menyelenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT)...
Wisuda STT Amanat Agung 2022 Wisuda STT Amanat Agung 2022 Pada hari Sabtu, 10 September 2022, STT Amanat Agung telah menyelenggarakan Upacara Wisuda secara on-site di GKY Kebayoran Baru...
Webinar Pengenalan Program Sertifikat “Intermissio” Webinar Pengenalan Program Sertifikat “Intermissio” STT Amanat Agung telah menyelenggarakan Webinar Pengenalan Program Sertifikat “Intermissio” pada hari Senin, 25 Juli 2022....
Berita STT Amanat Agung edisi Juli 2022 Berita STT Amanat Agung edisi Juli 2022 Telah terbit Berita STT Amanat Agung edisi Juli 2022.   Melalui Berita STT Amanat Agung Anda dapat semakin mengenal kami...
Vital Sustainability Initiative Initial Visit Vital Sustainability Initiative Initial Visit Pada tanggal 4-6 Juli 2022, telah diselenggarakan Vital Sustainability Initiative Initial Visit yang dipimpin oleh Dr. Emmanuel...
Christian Youth Camp 2022 Christian Youth Camp 2022 STT Amanat Agung telah menyelenggarakan Christian Youth Camp dengan tema “Finding God in the Desert” di kampus STT Amanat Agung...
Pelayanan Tim Unit Admisi STT Amanat Agung ke Gereja-gereja di Bali Pelayanan Tim Unit Admisi STT Amanat Agung ke Gereja-gereja di Bali Pada tanggal 28-30 Mei 2022, tim Unit Admisi STT Amanat Agung (Pdt. Lie Han Ing, M.Min., M.Th., GI. Dany Christopher, S.Psi., Ph.D.,...