Pusat Studi Pengembangan Gereja (PSPG)

 

Anda mungkin sering mendengar atau bahkan merasakan sendiri keluhan-keluhan para pimpinan atau jemaat gereja

  1. Tolong gereja kami stagnan, kami sudah berusaha maksimal tetapi tidak ada hasilnya, apa yang harus kami perbuat?
  2. Kami sudah mencoba menjiplak gereja-gereja yang maju baik program-programnya, pola ibadahnya dsb, tetapi tidak ada kemajuan apa-apa, what shall we do?
  3. Kami bukan gereja besar, sehingga tidak punya resources yang memadai, kami juga minder, apakah selamanya nasib kami akan demikian?
  4. Selama ini kami hanya menebak-nebak mencoba sana sini apa yang menjadi kelemahan kami, apakah ada alat bantu yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, apa yang menjadi kekurangan gereja kami?

 

Apa itu PSPG?

PSPG adalah sebuah pusat studi untuk pengembangan pelayanan gereja di bawah Unit Penelitian dan Literatur STT Amanat Agung yang bertujuan untuk menolong gereja-gereja di Indonesia agar dapat bertumbuh dengan sehat baik secara kuantitas maupun kualitas.

 

Kingdom-based Ministry

PSPG berbasiskan konsep pelayanan Kerajaan Allah. Berarti PSPG bersifat interdenominasi, bekerja sama dengan semua denominasi gereja dan organisasi Kristen dengan perbedaan latar belakang teologis masing-masing tetapi diikat oleh dua hal yang paling mendasar yaitu keTuhanan Yesus Kristus sebagai pribadi kedua dari Allah Tritunggal, dan Alkitab sebagai firman Allah yang mempunyai otoritas tertinggi dalam kehidupan orang percaya.

 

Strategi

  1. Bekerja sama dengan para pemimpin gereja mengadakan penelitian terhadap gereja-gereja di Indonesia mengenai faktor-faktor pertumbuhan yang sehat dari gereja-gereja tsb.
  2. Mendiseminasi hasil penelitian melalui media cetak, elektronik, atau seminar-seminar.
  3. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran bidang pengembangan gereja.
  4. Memberikan konsultansi, pelatihan dan pendampingan kepada gereja-gereja yang membutuhkan pelayanan dari PSPG sehingga mereka juga dapat bertumbuh dengan lebih sehat.

 

Apa yang PSPG tawarkan?

PSPG tidak menjanjikan “angin surga” yang seketika dapat menyelesaikan semua permasalahan gereja Anda. Namun kami dapat secara ilmiah menganalisis kondisi gereja Anda dan memberikan arahan yang tentunya harus ada KERJA SAMA, KERJA KERAS, dan KERJA CERDAS dari para pimpinan gereja sehingga gereja Anda dapat tinggal landas menuju sasaran yang lebih jelas dan lebih baik.

Jangan lupa yang terpenting ialah bersandar kepada Kristus yang “memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus (Ef. 4:11-12).

 


Cetak