Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2025/2026

Kabar gembira bagi saudara-saudari yang merasakan panggilan Tuhan dan hendak mendedikasikan hidup untuk melayani Tuhan. STT Amanat Agung adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk dibentuk dan dipersiapkan menjadi hamba Tuhan penuh waktu. Demikian pula bagi hamba-hamba Tuhan yang sudah cukup lama melayani di ladang pelayanan, dan saat ini ingin lebih mengembangkan pelayanan ke depan, atau bagi orang-orang Kristen pada umumnya yang ingin mengembangkan pengaruh kekristenan di tengah-tengah kehidupan dan pekerjaan, STT Amanat Agung menyediakan pelbagai program pembelajaran yang tepat untuk Anda.

Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung menawarkan program studi dan paket pembelajaran sebagai berikut:

  1. Sarjana Teologi (S.Th.) untuk lulusan SMA/sederajat 
  2. Ministri (M.Min.) Konsentrasi Pelayanan Kristen dan Pelayanan di Ruang Publik, untuk pemegang gelar sekurang-kurangnya strata 1 semua jurusan (nonteologi dan teologi) dengan IPK minimal 2,67 (B-) (informasi lengkap silakan rujuk - Booklet Magister Ministri STT Amanat Agung 2024)
  3. Magister Teologi (M.Th.) untuk pemegang gelar S.Th., M.Div. atau sederajat. (Informasi lengkap silakan rujuk Booklet Magister Teologi Blended System STT Amanat Agung 2022.)
    1. Konsentrasi Studi Biblika
    2. Konsentrasi Teologi Sistematika
    3. Konsentrasi Pelayanan Pastoral
    4. Konsentrasi Pelayanan Kaum Muda

      Baru: Program Studi Magister Teologi (M.Th.) untuk S1 Umum

  4. Sertifikat Teologi (nongelar)
    1. Sertifikat Teologi Konsentrasi Pelayanan Gerejawi
    2. Sertifikat Teologi Konsentrasi Pendidikan Kristen
  5. Audit/Pendengar (silakan menghubungi Unit Admisi untuk informasi lebih lengkap).

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Program Studi Sarjana Teologi (S.Th.)  
    1. Calon mahasiswa memiliki panggilan dan beban secara khusus untuk melayani secara penuh waktu baik di gereja, lembaga pendidikan Kristen, maupun di lembaga pelayanan lainnya.
    2. Calon mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
    3. Calon mahasiswa telah dibaptis dewasa atau sidi minimal 2 tahun (kecuali kalau ada penundaan karena persyaratan usia minimal untuk baptisan dewasa atau sidi di gereja calon mahasiswa).
    4. Calon mahasiswa melengkapi formulir pendaftaran dan persyaratan administrasi lainnya.
    5. Calon mahasiswa lulus dalam ujian saringan masuk (pengetahuan Alkitab, bahasa Inggris, psikotes) dan wawancara.
    6. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- 
  2. Program Studi Magister Ministri (M.Min.)  
    1. Calon mahasiswa memiliki gelar sekurang-kurangnya strata 1 semua jurusan (nonteologi dan teologi) dengan IPK minimal 2,67 (B-), dibuktikan dengan fotokopi Ijazah dan transkrip nilai dari tempat pendidikan sebelumnya.
    2. Calon mahasiswa telah dibaptis dewasa atau sidi.
    3. Calon mahasiswa memiliki keterlibatan pelayanan di gereja atau lembaga Kristen lainnya.
    4. Calon mahasiswa harus menyerahkan hasil TOEFL yang masih berlaku dengan nilai minimal 400 (Paper Based Test) atau yang setara.
    5. Calon mahasiswa melengkapi formulir pendaftaran dan persyaratan administrasi lainnya, serta mengikuti wawancara.
    6. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- 
  3. Program Studi Magister Teologi (M.Th.) 
    1. Calon mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan Sarjana Teologi (S.Th.) atau Magister Divinitas (M.Div.) dengan IPK minimal 2,75, dibuktikan dengan fotokopi Ijazah dan transkrip nilai dari Sekolah Tinggi tempat pendidikan sebelumnya.
    2. Calon mahasiswa harus memiliki pengalaman pelayanan di gereja atau lembaga Kristen lainnya minimal 2 tahun setelah lulus S.Th. atau M.Div., dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Gereja/lembaga pelayanan di mana calon mahasiswa melakukan pelayanan.
    3. Calon mahasiswa menulis dan menyerahkan tulisan akademis berdasarkan topik dan pertanyaan yang sudah ditentukan oleh STT Amanat Agung. Untuk mengetahui topik dan panduan penulisan, silakan menghubungi Unit Admisi.
    4. Calon mahasiswa harus menyerahkan hasil TOEFL yang masih berlaku dengan nilai minimal 450.
    5. Calon mahasiswa melengkapi formulir pendaftaran dan persyaratan administrasi lainnya, serta mengikuti wawancara.
    6. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,-. 
  4. Program Studi Magister Teologi (M.Th.) untuk S1 Umum 
    1. Memiliki panggilan dan beban secara khusus untuk melayani secara penuh waktu baik di gereja, lembaga pendidikan Kristen, maupun lembaga pelayanan Kristen.
    2. Telah menyelesaikan pendidikan S1 umum (nonteologi) atau yang sederajat dengan IPK minimal 2,75.
    3. Telah dibaptis dewasa atau sidi minimal 2 tahun.
    4. Calon mahasiswa harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai minimal TOEFL 450 (Paper Based Test) atau yang setara.
    5. Mengikuti proses penerimaan mahasiswa baru.
  5. Program nongelar Sertifikat Teologi 
    1. Calon mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
    2. Calon mahasiswa memiliki keterlibatan pelayanan di gereja atau lembaga Kristen lainnya.
    3. Calon mahasiswa telah dibaptis dewasa atau sidi.
    4. Calon mahasiswa melengkapi formulir pendaftaran dan persyaratan administrasi lainnya, serta mengikuti wawancara.
    5. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,-

 

PROSEDUR PENDAFTARAN 
Untuk pendaftaran secara online, silakan klik di sini.

Untuk pendaftaran secara konvensional, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  1. Calon mahasiswa mengunduh formulir pendaftaran sesuai program studi yang dituju. 
    1. Program Studi Sarjana Teologi (S.Th.): 
    2. Program Studi Magister Ministri (M.Min.): 
    3. Program Studi Magister Teologi (M.Th.): 
    4. Program Studi Magister Teologi (M.Th.) untuk S1 Umum:
    5. Program nongelar Sertifikat Teologi:
  2. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran, formulir-formulir pendukung, dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.

Ada dua cara untuk mengisi dan mengirim formulir pendaftaran: 

  1. Formulir dapat diunduh dan diisi langsung, kemudian dikirimkan dalam bentuk file (softcopy) ke email atau nomor WA STT Amanat Agung. Dokumen-dokumen lain dapat di-scan dan dikirim dalam bentuk softcopy juga.
  2. Formulir dapat diunduh, dicetak, dan diisi dengan pulpen, kemudian dikirim lewat pos surat atau jasa pengiriman ke alamat STT Amanat Agung.

Harap diperhatikan,

  1. Formulir Pendaftaran diisi oleh calon mahasiswa
  2. Formulir Dukungan Finansial diisi oleh pendukung keuangan selama studi
  3. Keterangan Kesehatan diisi oleh dokter yang berwenang.

 

Formulir Rekomendasi
Formulir Rekomendasi terdiri dari Formulir A, B, dan C.

  1. Untuk calon mahasiswa program studi S.Th., Formulir A dan B.
  2. Untuk calon mahasiswa M.Min dan Sertifikat Teologi, hanya Formulir A.
  3. Untuk calon mahasiswa M.Th., Formulir A, B, dan C.
    1. Rekomendasi A diisi oleh Hamba Tuhan (di luar keluarga, kerabat, atau pacar) yang melayani di Gereja atau Lembaga Kristen yang sama dengan calon mahasiswa, dan telah mengenal calon mahasiswa minimal 2 tahun.
    2. Rekomendasi B diisi oleh teman atau sahabat (di luar keluarga, kerabat, atau pacar) yang telah mengenal calon mahasiswa minimal 2 tahun.
    3. Rekomendasi C (khusus untuk calon mahasiswa M.Th.) diisi oleh dosen pada institusi teologi sebelumnya yang pernah mengajar calon mahasiswa dan mengenal calon mahasiswa minimal 2 tahun.

Catatan:

  1. Calon mahasiswa bertanggung jawab memastikan terlebih dahulu kesediaan orang-orang yang akan memberikan rekomendasi dan bertanggung jawab mengirimkan formulir-formulir rekomendasi kepada mereka.
  2. Perekomendasi mengisi formulir rekomendasi dan mengirimkannya secara langsung ke Unit Admisi STT Amanat Agung dalam bentuk file (softcopy) ke email atau nomor WA Unit Admisi atau dalam bentuk cetak (hardcopy) lewat pos surat atau jasa pengiriman ke ke alamat Unit Admisi STT Amanat Agung (email, nomor WA, dan alamat tertera di bawah.)

III. Calon mahasiswa mengirim semua formulir dan dokumen ke Unit Admisi STT Amanat Agung.

  1. Pengiriman dalam bentuk file (softcopy) ke alamat email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau ke nomor WA 082221111377.
  2. Pengiriman dalam bentuk cetak (hardcopy) ke alamat Unit Admisi STT Amanat Agung (u/p Ibu Yenny, M.Div.) 

    Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung
    Jl. Kedoya Raya 18 
    RT/RW 04/07
    Jakarta Barat 11520
    Indonesia

Untuk diperhatikan, batas akhir penyerahan dokumen adalah satu minggu sebelum ujian masuk.

 

SELEKSI ADMINISTRATIF OLEH UNIT ADMISI STT AMANAT AGUNG

  1. Unit Admisi akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen dan meminta calon mahasiswa untuk melengkapi apabila ada yang kurang.
  2. Apabila dokumen-dokumen sudah lengkap dan calon mahasiswa memenuhi persyaratan untuk proses selanjutnya, maka Unit Admisi STT Amanat Agung akan mengirimkan Surat Lulus Seleksi Administratif dan mengundang calon untuk mengikuti ujian masuk dan wawancara.

Catatan mengenai kelengkapan dokumen:

  1. Apabila kantor Gereja belum dapat segera menerbitkan Surat Keterangan Gereja, calon mahasiswa untuk sementara dapat menyertakan foto atau fotokopi kartu anggota Gereja dan surat baptis. Surat Keterangan Gereja wajib diserahkan apabila calon mahasiswa dinyatakan diterima (lulus ujian dan wawancara).
  2. Ijazah SMA atau yang sederajat atau Surat Keterangan Lulus bisa menyusul bila calon mahasiswa belum mendapatkan Ijazah kelulusan. Untuk sementara dokumen tersebut dapat digantikan dengan scan atau fotokopi rapor kelas 12. Fotokopi Ijazah dan Surat Keterangan Lulus wajib diserahkan apabila calon mahasiswa dinyatakan diterima (lulus ujian dan wawancara).

UJIAN MASUK DAN WAWANCARA

  1. Calon mahasiswa S.Th. akan mengikuti ujian masuk berupa tes Pengetahuan Alkitab, tes Bahasa Inggris, dan Psikotes, serta wawancara.
  2. Calon mahasiswa M.Min., M.Th., dan Sertifikat Teologi hanya mengikuti wawancara.

Unit Admisi STT Amanat Agung akan memberitahukan jam untuk ujian dan wawancara serta teknis pelaksanaannya kepada calon mahasiswa yang lulus seleksi administratif.

Ujian dan wawancara untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2025/2026 dilakukan SECARA ONLINE, yang dijadwalkan dalam empat gelombang:
Gelombang I: 20 Januari – 22 Januari 2025
Gelombang II: 24 – 26 Maret 2025
Gelombang III: 26 – 28 Mei 2025
Gelombang IV: 21 – 23 Juli 2025

Jika Anda mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran atau memerlukan informasi tambahan, jangan ragu-ragu untuk menghubungi Unit Admisi STT Amanat Agung, dengan Ibu Yenny, M.Div. di:
No. Telp. +62 21 5835 7685, atau
WA. +62 8222 1111 377, atau
email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 


Cetak  

Berita Terbaru

Sosialisasi Program Studi Magister Teologi (M.Th.) 2024 Sosialisasi Program Studi Magister Teologi (M.Th.) 2024 Program Studi Magister Teologi STT Amanat Agung telah menyelenggarakan Sosialisasi Program Magister Teologi (M.Th.) dengan kurikulum...
Emmaus Center "Seri Kehidupan Kristiani: Iman dan Keraguan" Emmaus Center “Ulasan yang sangat mendalam mengenai iman dan keraguan telah menolong saya untuk melihat bahwa keraguan bukan suatu kelemahan,...
Sosialisasi Program Studi Magister Teologi (M.Th) - dengan Kurikulum Baru Sosialisasi Program Studi Magister Teologi (M.Th) - dengan Kurikulum Baru Jika Anda:1. Telah menyelesaikan S1 teologi dan hendak memperdalam dan mempertajam pemahaman teologi dan pelayanan dalam prodi MTh...
Ucapan Selamat Atas Terpilihnya MPH PGI Periode 2024-2029 Ucapan Selamat Atas Terpilihnya MPH PGI Periode 2024-2029 Segenap civitas academica STT Amanat Agung mengucapkan selamat atas terpilihnya MPH PGI Periode 2024-2029.Ketua Umum: Pdt. Jacklevyn...
Malam Apresiasi Sahabat STTAA Malam Apresiasi Sahabat STTAA Sungguh Bersyukur dalam perjalanan pelayanan STT Amanat Agung, Tuhan selalu mengaruniakan para sahabat yang senantiasa menjadi...
Theological Forum "Preaching the Trinity" Theological Forum Pusat Studi Teologi dan Etika (PSTE) STT Amanat Agung telah menyelenggarakan Theological Forum "Preaching the Trinity" pada Senin,...
Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen Pdt. Prof. Ir. Armand Barus, Ph.D. Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen Pdt. Prof. Ir. Armand Barus, Ph.D. Civitas Academica STT Amanat Agung mengucapkan Selamat kepada Pdt. Prof. Ir. Armand Barus, Ph.D. Atas terbitnya Surat Keputusan...