Youth Leaders Conference II "The Passion"

Kaum muda adalah masa yang penuh dengan gairah sehingga masa ini ditandai dengan keinginan-keinginan yang terus bergolak menuntut untuk dipenuhi. Dalam budaya konsumerisme dan populer keinginan-keinginan itu banyak dipenuhi dan membuat kaum muda berfokus hanya kepada pemenuhan diri. Fokus kepada pemenuhan diri juga terjadi dalam arena pelayanan kaum muda yang hanya mengandalkan gimmick dan entertainment untuk membuat kaum mudanya betah di dalam gereja.

Masa muda dicirikan oleh kegairahan dan semangat. Sering kali semangat kaum muda ini tidak dikelola dengan baik oleh pelayanan kaum muda. Gereja kuatir dengan bentuk-bentuk kegairahan kaum muda yang dianggap tidak sesuai dengan tradisi gereja. Namun kaum muda sendiri perlu memahami apa yang dapat dia lakukan dengan kekuatan “passion” di masa mudanya. Gairah kaum muda dapat membawa mereka ke dalam ikatan dosa yang kuat, tapi gairah kaum muda juga dapat membuat mereka menjadi pahlawanpahlawan untuk yang mau mati untuk sesuatu yang diyakininya. Gairah kaum muda muncul dalam bentuk kasih, kesetiaan, komitmen, belas rasa, solidaritas, pengorbanan, dan ketekunan menanggung beban. Namun, gairah kaum muda yang berpusatkan diri akan membawa kaum muda kepada hawa nafsu, candu, amarah, dendam, dan berbagai bentuk kejahatan. Gairah kaum muda harus terhubung dengan kehidupan, kematian, dan kebangkitan Kristus sehingga mereka dapat menjalani kehidupan dengan gairah yang kudus. Kaum muda perlu mengetahui bahwa kegairahan hidup yang bersumber dari Kristus akan membuat mereka sanggup melakukan hal-hal yang hebat dan signifikan bagi dunianya, pada masa muda mereka.

PLENARY SESSION

  1. A Life of Passion – Astri Sinaga, S.S., M.Th.
    Dalam sesi ini akan dibukakan apa arti passion dalam kehidupan kaum muda, bagaimana cara kerja passion dalam diri seseorang, dan bagaimana passion menjadi dorongan dalam hidup kaum muda.

  2. Youth and Sexuality – Ivan Christian, S.Th., M.I.Kom.
    Sesi ini menjelaskan kehidupan seksualitas kaum muda, bagaimana passion yang berpusatkan pada pemenuhan diri membawa perilaku seksual yang buruk dan bagaimana seharusnya seksualitas itu terpenetrasi dalam berbagai aspek hidup.

  3. The Passionate Jesus – Pdt. Binsar J. Pakpahan, Ph.D.
    Sesi ini membukakan tentang the passion of Jesus yang diperlihatkan dalam kematian dan kebangkitan-Nya. Passion yang diperlihatkan Kristus adalah ketekunan dan ketaatan pada Bapa-Nya. Dia tetap melakukan itu walaupun dengan itu Dia harus menanggung penderitaan.

  4. The Passionate Pilgrims – Casthelia Kartika, D.Th.
    Sesi ini menjelaskan bagaimana kaum muda menjalani hidupnya seperti seorang peziarah yang passionate. Dalam perjalanan ini seharusnya seluruh passion yang dimiliki kaum muda diarahkan untuk kaum muda mengalami pertumbuhan rohani yang kuat di dalam Tuhan.

  5. A Passion to Share the Gospel – David Paksoal, S.Psi.
    Dalam sesi ini peserta akan melihat bahwa sesungguhnya Tuhan memberikan passion untuk membagikan Injil di dalam hati kaum muda. Peserta akan memahami bahwa di dalam passion mengabarkan Injil, kaum muda juga mengalami transformasi di dalam hidup mereka.

  6. Passionate Worship – Cristin Logo, S.Th.
    Sesi ini menjelaskan bagaimana ibadah kaum muda yang passionate dan apakah wujud passion dalam beribadah. Kalau passion yang kudus bukan untuk pemenuhan diri, maka apa yang perlu diwaspadai di dalam diri ketika kaum muda beribadah?

  7. Something to Die For (Ibadah Penutup) – Pdt. Alex Nanlohy, S.Sos., M.A. 
    Ibadah ini bertujuan untuk mengajak peserta untuk mendedikasikan passion masa muda mereka untuk pekerjaan Kerajaan Allah.

STORIES AND DISCUSSION

  1. Passionate Survivor: Youth Ministry in Pandemic  
    Sesi ini berisi cerita tentang pelayanan kaum muda yang passionate di beberapa gereja, yang tetap berjuang dan mengupayakan pertumbuhan kaum muda di masa pandemi.

  2. A Passion to Change the World (Passion Show) – Jevin Sengge, S.Th., Prita N. Damanik, S.IP., Raynaldo Ginting, Prisca Papilaya, M.I.Kom.
    Sesi ini berisi bincang-bincang di antara orang-orang muda dengan profesi yang berbeda, yang memperlihatkan passion-nya dalam pekerjaan yang mereka lakukan. Fokus percakapan adalah membukakan sejauh mana kaum muda dapat mewujudkan passion-nya di dalam kerja dan karya yang membawa dampak kepada hidup orang lain.

ELECTIVE SESSION

Sesi ini berisi cerita tentang apa yang dikerjakan dan apa yang diperjuangkan oleh narasumber melalui profesi mereka.

  1. Pastoring the Now Generation – Jevin Sengge, S.Th.
  2. Fighting for Child Protection – Pritta N. Damanik, S.IP.
  3. Empowering the Marginalized – Raynaldo Ginting
  4. Communicating the Truth – Prisca Papilaya, M.I.Kom.

See you at Youth Leaders Conference II “The Passion”
1. Tanggal pelaksanaan: 2-3 Juli 2021
2. Pelaksanaan melalui aplikasi Zoom
3. Pendaftaran: http://bit.ly/YLC_ThePassion
4. Biaya pendaftaran: Rp. 50.000,00

Everything you do, be passionate!


Cetak